IDWS.ID

Celebrity Snapshot

Para Dokter Kecam Video Anji Mengenai Hadi Pranoto yang Mengklaim Temukan Obat Antibodi COVID-19

03 Aug 2020

Video kontroversial musisi Anji yang menghadirkan narasumber "profesor" Hadi Pranoto di kanal YouTube-nya, dunia MANJI, dinilai tidak masuk akal, membuat para dokter meminta publik agar tidak cepat percaya dengan pernyataan-pernyataan dari narasumber yang disebut Anji sebagai pakar mikrobiologi yang meneliti obat antibodi COVID-19 itu.

IDWS, Senin, 3 Agustus 2020 - Para dokter menilai bahwa penyataan pria dengan nama asli Erdian Aji Prihartanto itu mengenai obat COVID-19 sudah kelewatan dan membahayakan.

Salah satunya adalah dokter spesialis mata, Ferdiriva Hamzah yang kerap memunggah wawasan mengenai COVID-19.

"Seret ke jalur hukum," cuitnya lewat akun Twitter pribadinya @ferdiriva.

 

 

Menurut Ferdiriva, sosok Hadi Pranoto yang ditampilkan Anji sama sekali tidak mengerti maksud dari pandemi. Dia juga tidak mengerti dari ucapan Hadi Pranoto yang menjelaskan soal gelar yang dipermasalahkan publik dan hanya melakukan penelitian untuk kemanusiaan.

"Otakku nggak sampe untuk mencerna pernyataan ini," katanya.

Dokter spesialis penyakit dalam, Dirga Sakti Rambe, mengunggah video pendek pendapatnya di akun Twitternya @dirgarambe.

 

 

"Saat ini sedang dibicarakan terapi herbal yang disebut sebagai cairan antibodi COVID-19 yang diklaim berhasil menyembuhkan pasien COVID-19. Saya telah menyaksikan seluruh tayangannya dan saya nyatakan ini adalah informasi yang menyesatkan."

"Dalam kedokteran, suatu terapi atau pengobatan efektif dalam menyembuhkan penyakit harus melalui serangkaian uji klinis. Tidak boleh dalam satu klaim, siapa pun yang menyampaikan klaim-nya apakah dia profesor, menteri, presiden, atau siapa pun saya mengingatkan saudara Anji dan Hadi Pranoto agar hati-hati menyampaikan pendapat ke publik agar tidak terjadi pembodohan publik," sambungnya yang kini videonya disukai lebih dari 1.300 dan lebih dari 10 ribu retweet.

 

Hadi Pranoto yang disebut-sebut Anji sebagai pakar mikrobiologi yang meneliti obat COVID-19. (YouTube/dunia Manji)

Video kontroversial yang berjudul "BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN !! (Part 1)" dan tayang di kanal YouTube Anji pada 31 Juli kini sudah dihapus dari kanal YouTube @duniamanji.

Belum jelas siapa pihak yang menghapus video tersebut, entah Anji sendiri atau pihak YouTube. Video terakhir yang ada di kanal Anji adalah Konser di Masa Pandemi bersama promotor Dino Hamid.

Dalam video yang telah dihapus itu, Anji mengenalkan Hadi Pranoto sebagai pakar mikrobiologi sekaligus Kepala Tim Riset Formula Antibodi COVID-19.

"Antibodi ini bisa menyembuhkan dan juga bisa mencegah. Berbeda dengan vaksin. Kalau vaksin itu kan disuntikkan dan kalau ini diminum," ujar Hadi Pranoto dalam video tersebut, dikutip detikcom.

 

 

Anji (kanan) saat berbincang dengan "profesor" Hadi Pranoto dalam video kontroversial yang kini telah dihapus dari kanal YouTube-nya, dunia MANJI. (Sumber: Facebbok/Harry Sufehmi, screenshot via YouTube/dunia MANJI)

Netizen sendiri banyak yang meragukan keaslian status Hadi Pranoto sebagai seorang profesor karena baik jurnal ilmiah maupun biodatanya yang menunjukkan bukti sebagai profesor tidak dijumpai di internet.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: detikcom

Share    

IDWS Promo