IDWS.ID

Celebrity Snapshot

Kontroversi YouTuber Indira Kalistha Dituding Remehkan COVID-19 Demi Konten dan Uang

18 May 2020

Pernyataan kontroversi disusul permintaan maaf, seperti yang sudah-sudah

IDWS, Senin, 18 Mei 2020 - YouTuber Indira Kalistha jadi sorotan setelah membuat pernyataan kontroversial terkait pandemi virus corona (COVID-19).

 

Indira Kalistha saat diwawancara Gritthe Agatha. (YouTube/Gritte Agatha)

Dalam pernyataan yang ia lontarkan saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Gritte Agatha bertajuk "Indira Kalistha Pertama Kali Diwawancara Serius #GritteBukaPraktek".

Dalam video tersebut, Indira Kalistha seakan meremehkan COVID-19 yang tengah mewabah di Indonesia dan seluruh dunia. Ia juga dianggap telah meremehkan pekerjaan petugas medis yang bertaruh nyawa untuk menyembuhkan pasien positif COVID-19.

 

 

Sepelekan COVID-19

Beberapa pernyataannya kontroversialnya seperti mengenakan masker hanya saat ditegur, setelah itu dilepas lagi, lalu berbelanja tanpa mencuci tangan sesudahnya bahkan mengaku malas melakukannya.

"Aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask aku pakai tiap hari. Kalau masker yang udara-udara gitu aku enggak pakai, kecuali kayak ditegur gitu baru pakai. Tapi kalau nggak ditegur kita lepas lagi," tuturnya.

"Terus habis gitu kalau misalnya ke pasar, mal, misalnya pegang-pegang abis beli makanan dari gojek online gitu aku enggak cuci tangan dulu sebelum makan. Jadi kayak ambil-ambil apa segala macam terus makan aja pakai tangan," jelasnya lagi.

Yang terparah adalah pandangannya bahwa COVID-19 itu tidaklah senyata dan semenakutkan yang dianggap orang-orang.

Aku percaya corona. Cuma, enggak seheboh itu lho. Tipe yang, corona? B (biasa) aja gitu."

Meski kemudian telah meminta maaf di YouTube Deddy Corbuzier, banyak pihak yang masih tidak terima akan perkataannya. Salah satunya adalah dokter bernama Muhammad Yusuf, SpOG(K) yang ingin memperkarakan ucapan Indira Kalistha ke jalur hukum.

"Sepertinya ini kesengajaan @indirakalistha. Tolong yang punya video yang bersangkutan yang lama DM saya. Agar kita bisa kumpulkan bukti-bukti untuk pelaporan polisi," kata Dokter Yusuf lewat Instagram Stories-nya, Sabtu (16/5/2020).

Diunggahan selanjutnya, Dr. Muhammad Yusuf, SpOG(K) mengaku akan menyiapkan kuasa hukum bagi siapapun yang mau memperkarakan secara hukum ucapan Indira Kalistha. Ia mengaku tidak bisa melaporkannya sendiri, lantaran masih mengurusi banyak pasien yang terpapar COVID-19

Buat teman-teman Tolong bantu saya siapa yang bersedia @indirakalistha ke @ccicpolri nanti akan didampingi oleh team dari @david_chris dkk. Awalnya saya berniat melaporkan langsung, namun saya khawatir pasien pasien tidak bisa ditangani oleh saya. Jika ada yang ingin berjuang bersama, tolong Dm aaya dan pak @david_chris, Ditunggu.

 

Dituding membuat kontroversi demi konten

Melalui feed instagramnya, Dr. Muhammad Yusuf, SpOG(K) juga menuliskan bahwa ucapan tak pantas dari mulut Indira Kalistha keluar demi kepentingan sebuah konten YouTube belaka. Tanpa mementingkan dampaknya buat pengikutnya di media sosial.

 

(Instagram/@dokteryusuf.spog)

"KESIMPULANNYA ADALAH @indirakalistha mempermainkan WABAH CORONA DENGAN SENGAJA UNTUK MENDAPATKAN UANG UNTUK MAKAN.Mengingat dia memiliki follower jutaan dengan sengaja mempermainkan dan MENGAHNCURKAN PERJUANGAN DOKTER, PERAWAT, RUMAH SAKIT, RAKYAT DAN PEMERINTAH INDONESIA.DEMI KEPENTINGAN dan ATAS NAMA KONTEN," kata dokter Yusuf.

 

(Instagram/@dokteryusuf.spog)

Dr Yusuf memperkarakan ucapan Indira Kalistha yang seakan meremehkan virus Corona COVID-19. Apalagi ia tidak mematuhi prosedur pandemi yang mengharuskan untuk mengenakan masker saat keluar rumah, dan rutin mencuci tangan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Liputan6.com YouTube/Gritte Agatha

Share    

IDWS Promo