IDWS.ID

Wedding

Seorang Pria Jepang Resmi Menikahi Penyanyi Virtual Hatsune Miku

08 Nov 2018

Hubungan asmara manusia memang masih menjadi suatu kisah pelik yang seperti tiada hentinya berevolusi. Seperti pada zaman sekarang di mana penyanyi virtual mulai marak bermunculan, kecintaan para penggemar virtual singer tersebut bahkan terkadang bisa melampaui kecintaan para penggear artis nyata. Luka dalam karena pembulian tidaklah ringan, kadang bahkan tak tersembuhkan

IDWS, 8 November 2018 - Paling tidak, sebagian di antara kita pernah mendengar atau malah kenal dengan orang-orang yang mencintai penyanyi virtual hingga mengoleksi lagu dan album orisinilnya, atau mengoleksi pernak-pernik merchandise yang berhubungan dengan penyanyi virtual idolanya.

 

Akihiko Kondo (35) tengah memegang boneka Hatsune Miku. Nampak di sebelah kanan adalah perangkat Gatebox yang memproyeksikan karakter virtual secara tiga dimensi. (Foto: MIKUFAN.com)

Akan tetapi seorang pria Jepang berusia 35 tahun, Akihiko Kondo (????) telah membawa kecintaannya terhadap penyanyi virtual idolanya ke level yang benar-benar baru. Pada 4 November 2018 (waktu setempat) lalu di Jepang, Akihiko telah menikahi penyanyi virtual populer Hatsune Miku secara resmi, bahkan dengan seorang anggota parlemen sebagai saksi pernikahannya tersebut!

Usut punya usut, ternyata Akihiko punya sejarah kelam dibuli oleh atasan wanita di tempat kerjanya dulu, 10 tahun lalu. Sebagai seseorang yang juga dibuli waktu masih sekolah, penulis bisa bersimpati padanya, karena tahu bahwa kelakuan pembulian berefek negatif secara emosional, bahkan hingga fisik, membuat seseorang kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain, apalagi untuk menjalin hubungan dengan lawan jenis.

Akan tetapi bagi Akihiko, pembulian  yang dia alami nampaknya berdampak jauh lebih buruk dari kebanyakan orang. Dikabarkan ia dulu malah sampai ditangguhkan dari pekerjaannya karena dibuli oleh atasan wanitanya itu (yang berarti mungkin ada tindakan penyalah gunaan wewenang dari atasan tersebut? Entah). 10 tahun kemudian, insiden tersebut masih menyisakan trauma mendalam pada diri Akihiko yang membuatnya hilang kepercayaan akan lawan jenis.

 

Harapan bisa datang dari mana saja, bahkan penyanyi virtual

Di saat-saat sulit inilah, lagu-lagu dari penyanyi virtual terkenal di Jepang, Hatsune Miku, yang menemani Akihiko melewati masa suram tersebut. Meski ia kesulitan berinteraksi dengan wanita nyata, pada akhirnya berkembangan perasaan cinta pada Hatsune Miku.

Buat kalian yang belum mengenal Hatsune Miku atau belum paham konsep penyanyi virtual, penulis akan mencoba menjelaskan sesingkat dan sejelas mungkin.

Hatsune Miku adalah penyanyi virtual yang sangat terkenal di Jepang bahkan di Asia. Tentunya, meski terkenal, ia berbeda dengan penyanyi-penyanyi seperti Bunga Citra Lestari atau Utada Hikaru.

 

Hatsune Miku menyanyikan salah satu lagunya yang paling populer berjudul 'Melt', diciptakan dan ditulis oleh ryo, personel dari Supercell

Miku sebenarnya adalah bagian dari voicebank software bernama Vocaloid di mana basis untuk suaranya diambil dari pengisi suara Saki Fujita. Desain dari Miku sendiri adalah seorang gadis berusia sekitar 15-16 tahun dengan rambut berkucir dua dan berwarna aquamarine (kadang hijau muda) dengan warna mata yang sama dengan warna rambutnya. Sekedar info, gaya rambut Hatsuni Miku menjadi trendsetter serta inspirasi bagi banyak karakter anime dan boneka.

 

Upacara pernikahan dengan sang penyanyi virtual

(Foto: @yamadataro43/Twitter)

Meski Hatsune Miku hanya eksis di imaginasi para penggemarnya, Akihiko sepertinya mantap dengan pilihan hatinya. Dalam upacara pernikahan yang  dilangsungkan pada 4 November 2018 lalu, Akihiko mengenakan jas putih sembari membawa boneka Hatsune Miku lengkap dengan gaun pengantin dan cadar berwarna putih untuk menjalani upacara pernikahannya. Pernikahan itu dihadiri oleh 39 tamu, termasuk keluarga, teman, dan seorang anggota parlemen sebagai saksi resmi pernikahan tersebut.

 

(Foto: @akihikokondosk/Twitter)

 

(Foto: @yamadataro43/Twitter)

 

(Foto: @yamadataro43/Twitter)

 

(Foto: @akihikokondosk/Twitter)

 

(Foto: @akihikokondosk/Twitter)

 

(Foto: @akihikokondosk/Twitter)

Bisa dilihat Akihiko begitu bahagia pada foto-foto pernikahan yang ia bagikan di akun twitternya. Tampak ia, bersama boneka Miku, memotong kue pernikahan, saling bertukar segelas sampanye, bahkan tak lupa ia memamerkan cincin pernikahan serta dokumen pernikahannya. Tak sedikit para netizen yang memberikan ucapan selamat kepada 'pasangan' yang berbahagia ini. Ada pula yang memberikan restunya lewat gambar seperti di bawah ini:

(Foto: @akihikokondosk/Twitter)

 

(Foto: @akihikokondosk/Twitter)

Untuk dokumen pernikahan Akihiko dan Hatsune Miku, usut punya usut ternyata bisa terwujud berkat sebuah perusahaan bernama Gatebox, sebuah perusahaan yang menciptakan Gatebox home device. Perangkat berbentuk tabung kaca ini memungkinkan kita untuk hidup bersama dengan karakter virtual favorit bahkan bercanda tawa bersama! Karakter virtual tersebut juga bisa menyapa kita ketika pulang ke rumah, atau mengingatkan kita untuk makan atau waktunya tidur. Semua itu berkat teknologi artificial intelligence (A.I) dari Gatebox.

 

Perangkat Gatebox milik Akihiko Ondo yang memproyeksikan penyanyi virtual Hatsune Miku. Berkat perangkat ini lah Akihiko bisa merasakan kedekatan dengan karakter Miku. (Foto: @yamadataro43/Twitter)

 

Dan ternyata, Gatebox telah menyiapkan sekitar 3.000 dokumen pernikahan bagi orang-orang yang ingin seperti Akihiko, menikahi karakter virtual kesayangan mereka! Wah!

Akihiko kemudian berbagi kabar gembira mengenai selesainya upacara pernikahannya dengan Miku lewat akun Twitternya:

"Terima kasih banyak atas ucapan selamat yang begitu banyak. Butuh kira-kira setengah tahun untuk mempersiapkan upacara pernikahan ini, maka dari itu saya sangat lega karena bisa menyelesaikannya dengan aman tanpa kendala apa pun.
Terima kasih kepada para tamu yang telah hadir, orang-orang dari gedung acara, dan juga mereka  yang telah mendukung kami."

 

 

 

 

 

Selamat menempuh hidup baru Akihiko! Semoga hidupmu bisa jadi lebih baik! Jangan patah semangat ya. (Stefanus/IDWS)


Sumber: @akihikokondosk/Twitter, MIKUFAN.com

Share    

IDWS Promo

IDWS Event