IDWS.ID

Wedding

 Breaking News

Perbedaan Usia yang Ideal Dalam Pernikahan

01 Aug 2016

Dalam sebuah hubungan, usia hanya sekedar angka dan perbedaan latar belakang bukan menjadi penghalang. Yang terpeting dalam menjaga kelanggengan hubungan adalah kepercayaan dan pengertian. Benarkah?

 

Tim peneliti dari Department of Economics di Emory University mungkin akan menjawab 'tidak'. Pada tahun 2014 lalu, berdasarkan penelitian yang melibatkan 3 ribu orang, tim peneliti menemukan bahwa perbedaan usia antara sepasang kekasih memiliki dampak yang signifikan dalam kelanggengan hubungan asmara.

 

Tim peneliti menemukan bahwa semakin besar perbedaan usia di antara sepasang kekasih, maka semakin besar pula risiko perpisahan yang dihadapi. Berdasarkan penelitian, tim peneliti mengungkapkan bahwa pasangan yang memiliki perbedaam usia lima tahun memiliki kecenderungan 18 persen untuk bercerai. Risiko tersebut meningkat hingga 39 persen ketika perbedaan usia pasangan 10 tahun. Risiko pun melonjak menjadi 95 persen ketika perbedaan usia pasangan 20 tahun.

 

Seseorang yang memilih pasangan terlalu muda atau pun terlalu tua juga cenderung akan lebih terikat dengat kebiasaan pasangan. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan keretakan dalam hubungan asmara orang tersebut dan pasangannya.

 

Di samping itu, tim peneliti menemukan bahwa perbedaan usia pasangan kekasih yang hanya satu tahun cenderung jarang untuk berpisah. Oleh karena itu, tim peneliti menilai jarak satu tahun merupakan perbedaan yang ideal jika sepasang kekasih menginginkan hubungan yang langgeng.

 

Selain perbedaan usia, tim peneliti juga mendapati bahwa perbedaan latar belakang pendidikan berpengaruh juga terhadap kelangsungan sebuah hubungan. Tim peneliti mengungkap bahwa pasangan yang memiliki tingkat pendidikan berbeda memiliki kecenderungan untuk bercerai sebesar 43 persen.

 

Kabar 'segar' hadir dengan adanya anak dalam sebuah pernikahan. Tim peneliti menemukan bahwa kehadiran buah hati selama masa pernikahan membuat kemungkinan sepasang kekasih tidak akan berpisah hingga 76 persen.

 

Seperti dilansir laman Metro UK, pasangan yang memiliki perbedaan usia cukup jauh tidak perlu terlalu panik dengan temuan statistik ini. Karena masih ada kemungkinan bahwa perbedaan usia yang besar akan berakhir dengan hubungan yang langgeng.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th