IDWS.ID

Travelling

5 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Ekonomi

29 Apr 2019

IDWS, Senin, 29 April 2019 - Kereta api jadi salah satu moda transportasi paling diminati masyarakat Indonesia khususnya untuk perjalanan jarak jauh. Harga tiket yang terjangkau dibandingkan tiket pesawat dan jalur bebas macet serta kenyamanan jadi faktor utama mengapa banyak orang lebih memilih menggunakan kereta api.

Apalagi pada kereta api jarak jauh kini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari toilet bersih, AC hingga colokan listrik. Tak perlu takut kepanasan atau takut baterai ponsel habis.

Meski begitu, masih ada juga para penumpang yang mengeluhkan kenyamanan selama berada di dalam gerbong kereta, khususnya bagi penumpang kereta ekonomi. Faktor posisi tempat duduk di kereta sebenarnya dapat menentukan mood selama perjalanan lho!

Untuk itu, kamu yang merupakan pelanggan tetap kereta api harus paham bagaimana memilih tempat duduk yang oke sehingga perjalananmu terasa lebih menyenangkan! Berikut ini adalah lima tips memilih tempat duduk kereta api buat referensi kamu.

 

1. Beli tiket secara online

Di era informasi sekarang ini, membeli tiket kereta sudah bisa dilakukan secara online tanpa perlu jauh-jauh datang mengantre ke stasiun. Selain praktis, kamu bisa memilih posisi tempat duduk yang kamu inginkan. Baik membeli tiket secara online lewat situs resmi PT KAI atau online travel agent (OTA), kamu tetap bisa menentukan posisi tempat duduk yang masih tersedia.

 

Source: Natuna.asia

 

Namun perlu diingat kalau pembelian tiket kereta online harus dilakukan secara cepat sehingga dibutuhkan koneksi internet yang super cepat, apalagi jika memesan tiket untuk Lebaran. Jika di tempat tinggalmu telah menggunakan layanan internet provider kabel seperti Speedy, pastikan kalau kamu sudah bayar Speedy ya agar tidak kecolongan.

 

2. Pilih tempat duduk sesuai arah laju kereta

Tips yang satu ini memang susah-susah gampang apalagi bagi kamu yang jarang menggunakan moda kereta api untuk traveling jarak jauh. Karena pasalnya, kamu harus tahu betul laju arah kereta yang akan kamu tumpangi. Memilih tempat duduk yang tidak sesuai dengan arah lajunya kereta akan membuat kamu pusing, mual dan muntah.

 

Rebanas.com

 

Maka dari itu, pilihnya tempat duduk yang searah dengan laju kereta, alias menghadap ke depan. rata-rata tempat duduk nomor awal selalu menghadap ke timur, sedangkan omor buncit ke arah barat. Nah biar lebih nyaman dan tidak merasakan guncangan, sebaiknya pilih tempat duduk di bagian tengah.

 

3. Hindari tempat duduk dekat toilet

Menghindari tempat duduk dekat toilet atau bordes (sambungan antar gerbong) juga bisa menjadi cara efektif untuk memastikan perjalanan yang lebih nyaman. Tempat duduk dekat toilet seringkali menimbulkan aroma tak sedap, sementara tempat duduk dekan bordes juga akan membuatmu terganggu dengan suara pintu sambungan gerbong yang seringkali dibuka tutup oleh orang-orang yang lalu lalang. Jadi kalau kamu masih punya kesempatan untuk memilih posisi tempat duduk, hindari kedua posisi tersebut ya.

 

4. Pilih tempat duduk dekat jendela

Tak bisa dipungkiri bahwa jauhnya perjalanan akan membuatmu bosan. Namun hal ini bisa disiasati dengan memilih tempat duduk dekat jendela dengan nomor baris A atau D. Suguhan pemandangan hamparan sawah hingga bayangan gunung di ujung cakrawala  akan menemani perjalananmu. Dengan panorama indah ini, tak sulit bagimu untuk melawan rasa bosan.

 

Masbidin.net

 

Selain persawah dan gunung, bakalan ada sungai-sungai mengalir hingga pemukiman penduduk dengan beraneka macam keunikan yang akan membersihkan jiwamu dari rasa bosan. Selain itu, duduk dekat jendela akan memudahkanmu mengisi daya baterai ponsel karena colokan listrik di kereta berada di bawah jendela.

 

5. Pilih tempat duduk yang bersebelahan dengan restorasi

Membawa camilan itu wajib untuk menghilangkan rasa bosan selama perjalanan. Namun, terkadang masih ada saja penumpang yang tetap merasa bosan walau sudah membawa camilan yang banyak sekali pun. Nah, restorasi mungkin bisa jadi tempat yang tepat untuk mengurangi rasa bosan. Apalagi, restorasi menyediakan aneka pilihan makanan dan minuman yang nikmat.

 

YouTube

 

Harga makanannya memang bisa dibilang lebih mahal, tapi tak ada salahnya untuk mengeluarkan uang lebih demi menghilangkan rasa jenuh selama perjalanan, kan? Supaya lebih mudah menjangkau restorasi, pilihlah tempat duduk di gerbong yang bersebelahan dengan restorasi. Biasanya, restorasi berada di gerbong lima atau enam.

Itulah tips nyaman naik kereta ekonomi untuk perjalanan jauh. Pastikan kamu mencoba semua cara di atas supaya perjalananmu dengan kereta api ekonomi berjalan menyenangkan. Selamat mencoba!

 

Share    

IDWS Promo