IDWS.ID

Travelling

Oymyakon, Desa Kecil di Siberia yang Dianggap Sebagai Pemukiman Terdingin di Dunia!

11 Nov 2018

Selamat datang di Oymyakon, sebuah desa terpencil Siberia yang dianggap sebagai pemukiman terdingin di dunia

Oymyakon adalah tempat di mana para murid masih tetap bersekolah kecuali suhu mencapai -52° Celsius (-62° Fahrenheit). Desa terpencil di Siberia, Rusia ini dianggap sebagai pemukiman terdingin di dunia, dan suhu di tempat tersebut menembus angka -62° C (-80° F) pada musim dingin, membuat komplain-komplain kita akan cuaca dingin di kala hujan terdengar seperti lelucon.

 

Foto: anastasiagav

Dinginnya suhu di Oymyakon tak hanya membuat kaki seperti mati rasa, namun bisa membuat bulu mata seseorang membeku! Stasiun cuaca setempat yang disebut 'pole of cold' mencatat angka -59° C (-74° F), akan tetapi termometer elektronik terbaru mengklaim bahwa suhu di sana telh mencapai -62° C (-80° F). Bahkan, termometer tersebut rusak dan tak lagi bekerja setelah mencapai angka mencengangkan tersebut! Wow. Menurut klaim para penduduk lokal, temperatur cuaca di Oymyakon telah mencapai -68° C (-90° F).

 

Fotografers: "Saya benar-benar mengambil gambar-gambar dari seorang ballerina di luar ruangan pada suhu minus 41° C, dan ini tidak di-photoshop." (Foto: chugunovpetrs)

 

Beberapa turis 'bermain' di sumber air panas di Oymyakon. (Gambar GIF: pototskayaelena)

 

Beginilah rasanya mengemudi di suhu ekstrim. (Gambar GIF: _yakutia)

 

Foto: leonidkruglov

 

Foto: volshebniy_misha

Antara tahun 1920an dan 1930an, Oymyakon hanyalah tempat berhenti bagi para penggembala rusa kutub untuk memberi minum pada peliharaan mereka dari sumber air panas di sana. Dan demi memaksa populasi suku nomaden agar mau tinggal di sana, pemerintahan Soviet kala itu merubah tempat di sekitar sumber air panas tersebut menjadi pemukiman permanen. Pada tahun 1933, temperatur mencapai -67° C )(-89,9° F) tercatat di desa tersebut dan diterima sebagai rekor suhu terendah di belahan utara Bumi.

 

Penjual ikan di pinggir jalan tidak membutuhkan kulkas. Buat apa kulkas kalau temperatur di sana lebih dingin dari kulkas? (Foto: Vera Salnitskaya)

 

Foto: khakhsaat_djulus

 

Foto: alfi_ya

 

Foto: sivtseva9452

 

Pemandangan indah di balik ekstrimnya suhu Oymyakon. (Foto: sivtsevsema958)

 

Foto: __mnana__

 

Apa ndak kedinginan ya mbak? (Foto: mrsirinapetrova)

 

Foto: anastasiagav

 

Seseorang bersepeda di kota Yakutsk yang berada di dekat Oymyakon

 

Sekitar 500 orang tercatat masih tinggal di desa yang terletak di ketinggian 750 meter di atas permukaan air laut ini. Wah, menakjubkan ya? Bagaimana jika kamu tinggal di tempat seperti itu? (Stefanus/IDWS)


Sumber: boredpanda

Share    

IDWS Promo