IDWS.ID

Travelling

Pesawat Tanpa Jendela, Benarkah Wujud dari Penerbangan Futuristik?

07 Nov 2018

Semenjak transportasi udara diciptakan, orang-orang selalu berselisih akan siapa yang duduk di kursi dekat jendela. Hmm, mungkin bisa dibilang, pertengkaran memperebutkan kursi yang dekat jendela juga sudah dimulai sejak ditemukannya transportasi darat ya? Seperti bus atau kereta. Lantas, apakah tidak ada solusinya? SAY NO MORE!

IDWS, 7 November 2018 - Sebuah firma penelitian dan teknologi asal Inggris bernama Center for Process Innovation (CPI) saat ini tengah berusaha menciptakan inovasi baru bagi transportasi udara.

 

Pesawat pengangkut penumpang futuristik menurut mereka, nantinya tidak akan dilengkapi dengan jendela. Sebagai penggantinya, pada hampir seluruh badan utama pesawat yang dikhususkan untuk mengangkut penumpang akan dilapisi dengan OLED touchscreen, yang pada intinya memberi pemandangan yang sama indahnya bagi semua penumpang. Kali ini tidak hanya sebesar jendela pesawat seperti biasanya, bahkan jika penumpang menengok ke atas mereka tetap akan disuguhi pemandangan langit dan gumpalan-gumpalan awan yang menakjubkan.

Touchscreen yang terpasang akan tersambung pada sejumlah kamera yang ditempatkan di berbagai tempat di sisi luar pesawat. Hal ini membuat touchscreen di sisi dalam badan pesawat mampu menampilkan pemandangan realistis secara real-time dan membuat para penumpang bisa melihat apa saja yang berada di sekitar pesawat saat mengudara.

 

(Sumber: ABCStories.info)

Tentunya, kita tidak hanya melihat pemandangan di luar pesawat saja. Kalau kamu bosan dengan pemandangan di luar pesawat, kamu bisa mengganti "jendela virtual" tersebut dengan sistem entertainment berisi acara-acara hiburan atau sekedar menikmati berita terbaru.

 

Apa itu OLED-touch screen?

OLED adalah singkatan dari organic light-emitting diode, yang berarti terdapat sebuah lapisan film yang terbuat dari bahan organik yang bisa memprojeksikan cahaya sebagai sebuah reaksi akan aliran listrik. Terdengar rumit? Tak usah bingung! Singkatnya, teknologi ini sudah dipakai pada televisi, tablet, smartphone, dan juga layar komputer. Diperkirakan saat pesawat tanpa jendela ini bisa dibuat, kemungkinan besar sudah ada layar yang lebih canggih lagi di pasaran.

 

(Sumber: ABCStories.info)

Dengan seluruh tembok pesawat dipenuhi dengan touchscreen, para penumpang bisa melihat pemandangan di sekeliling pesawat dan tak perlu lagi berebut tempat seperti yang sudah-sudah.

Tentunya masih ada banyak masalah yang harus ditanggulangi jikwa ingin mewujudkan pesawat inovatif ini. Yang pertama adalah jika terlalu banyak cahaya yang masuk malah bisa mengganggu kenyamanan penumpang. Yang kedua, tidak sedikit orang yang fobia ketinggian. Apa jadinya jika mereka takut naik pesawat karena mereka bisa melihat seberapa tinggi mereka di udara?

Tapi ide di balik pesawat tanpa jendela ini memang terbilang inovatif. Bisa jadi suatu saat akan ada inovasi-inovasi lain yang lebih pas dan bermanfaat terutama bagi keselamatan para penumpang tentunya yang paling utama. (Stefanus/IDWS)


Sumber: ABCStories.info

Share    

IDWS Promo

IDWS Event