IDWS.ID

Travelling

 Breaking News

Terungkap! Alasan Jangan Posting Foto Boarding Pass Di Media Sosial

18 Sep 2016

Selama dalam sebuah perjalanan Anda wajib untuk menjaga paspor dan juga boarding pass yang merupakan benda paling yang penting selama Anda melakukan penerbangan. Karena kedua benda ini merupakan sesuatu hal yang sangat penting, tentunya kedua benda ini tidak bisa Anda samakan dengan sebuah kertas biasa. 

Biasanya sebagian orang yang sangat antusias dengan liburan, kerap kali mengambil foto paspor dan boarding pass mereka serta membagikannya di akun media sosial. Ada juga bebera[a orang yang membuang boarding pass mereka sembarangan setelah penerbangan sudah selesai.

Boarding pass merupakan sehelai kertas yang berisikan nama penumpang, nomor penerbangan, tujuan, nomor kursi, dan juga nomor gate sebelum dan sesudah keberangkatan dilakukan. Kebanyakan orang berpikir untuk menempatkan boarding pass secara sembarangan, menghilangkan, ataupun menyebarkan foto boarding pass tersebut di media sosial tidak menjadi sebuah masalah. Namun, tahukah Anda bahwa Anda harus menjaga kerahasiaan daripada boarding pass tersebut?

Seperti dilansir dari situs Elitereaders, Winston Krone, seorang ahli forensik mengatakan jika di dalam sebuah boarding pass itu terdapat sebuah barcode yang berisikan data-data pribadi penumpang itu sendiri.

Data-data tersebut berupa nama, alamat rumah, alamat email, dan juga nomer telepon orang yang bersangkutan. Hal ini berarti juga, jika Anda menyebarluaskan foto boarding pass Anda tersebut, Anda dapat membuat para hacker dengan mudahnya mendapatkan akses-akses informasi daya pribadi Anda dan termasuk juga laporan keuangan Anda.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, mulai sekarang Anda harus berhati-hati dalam menjaga data pribadi Anda yang ada pada boarding pass. Ketika boarding pass tersebut Anda bagikan melalui akun media sosial orang-orang akan dengan mudah melihat barcode dan hal tersebut akan dapat disalahgunakan oleh para hacker dan juga pencuri.

Cobalah untuk memastikan bahwa Anda menyimpan boarding pass Anda dengan aman sebelum melakukan perjalanan hingga sesudah penerbangan, hal ini dilakukan agar tidak ada seorangpun yang dapat memperoleh data pribadi Anda. Dan akan jauh lebih baik jika Anda tidak mengambil foto boarding pass dan meng-upload di akun media sosial Anda.

Apalagi dengan adanya teknologi yang semakin canggih pada saat ini, Anda tidak akan bisa memastikan semuanya bisa saja dilakukan dengan mudah. Mungkin saja data pribadi Anda dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga dapat merugikan Anda juga. Untuk itu, jauhkanlah hal hal seperti mempublikasikan foto paspor dan juga boarding pass anda secara online untuk perjalanan yang lebih aman.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th