IDWS.ID

Travelling

 Breaking News

Sensasi Snorkling di Air Tawar Umbul Ponggok Klaten

19 Jul 2016

Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangan menjadi wisata tirta yang cukup terkenal di Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok menyajikan kolam renang yang berbeda dari kolam lainnya. 

 

Bernuansa seperti berada di lautan inilah yang menjadikan keunggulan atau daya jual Kolam Umbul Ponggok. Ikan-ikan tawar yang berada dikolam ini memang sengaja dipelihara. Ukurannya beragam, mulai dari yang paling kecil hingga ikan yang cukup besar.

 

Wisatawan pun tidak perlu khawatir karena ikan air tawar ini sudah terbiasa dengan keberadaan manusia dan sangat jinak. Airnya pada Umbul Ponggok ini tidak berbau amis karena air didalam kolam ini langsung dari mata air dan kemudian mengalir ke sungai-sungai di sekitarnya.

 

Umbul Ponggok sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 - 2,6 meter.Aneka ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok dan dasar kolam yang indah ini menjadikannya sebagai lokasi favorit untuk snorkling. 

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Dari Yogyakarta dapat di tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Umbul Ponggok bukan setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB.

 

Untuk memasuki kolam yang dahulunya dijadikan sebagai irigasi perkebunan tersebut, masyarakat hanya dipungut biaya masuk sebesar Rp 10.000 dan untuk hari libur nasional dikenakan biaya Rp 13.000. Bagi masyarakat yang membawa kendaraan pribadi, Umbul Ponggok menyediakan fasilitas parkir di sekitar rumah-rumah warga.

 

Para wisatawan juga dianjurkan untuk menggunakan pelampung dan alat snorkling yang dapat disewa di tempat penyewaan yang telah disediakan. Untuk sewa kacamata dan pelampung dikenakan biaya Rp 20.000.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th