IDWS.ID

Travelling

 Breaking News

Gunung Indonesia yang Ramah Didaki Pemula

24 May 2016

Mendaki gunung tergolong sebagai olahraga berat, tetapi aktifitas mendaki gunung bisa dilakukan oleh siapa saja. Hampir setiap orang yang pernah menginjakkan kaki di alam liar pegunungan, mengaku jatuh cinta. Keindahan yang disuguhkan di atas ketinggian sebuah gunung adalah panorama yang memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Cinta pandangan pertama mereka jatuh pada indahnya alam yang terbentang luas sejauh mata memandang. Menyaksikan fenomena golden sunrise ketika pagi hari dan memandang awan putih bak samudera yang terhampar dibawah kaki.

 

Buat kalian yang memang belum pernah mendaki gunung, kalian bisa berlatih fisik dengan mencoba mendaki gunung yang ramah untuk di daki oleh pemula. Mengingat kegiatan mendaki merupakan kegiatan yang cukup extreme dan membutuhkan banyak persiapan, termasuk persiapan fisik. Berikut adalah beberapa gunung yang ramah di daki oleh pendaki pemula. 

 

1. Gunung Papandayan (Garut)

Gunung yang terletak di Garut, Jawa Barat ini memiliki ketinggian 2,265 mdpl. Gunung ini mempunya pesona tersendiri, yaitu adanya kawah belerang seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut selalu membuat gunung ini selalu dirindukan oleh para pendaki. Tidak hanya kawah disini terdapat hamparan padang Edelweis luas yang sering disebut dengan 'Tegal Alun' dan 'Hutan Mati' yang selalu menampilkan kesan mistis.

 

Gunung Papandayan memiliki trek yang landai dan biasanya sangat cocok untuk para pemula. Tetapi pendaki pemula tetap tidak boleh meremehkan gunung ini, karena untuk mencapai puncaknya dibutuhkan waktu 4 jam. Persiapkan segalanya dengan baik dan tetap fokus.

 

2. Gunung Gede Pangrango (Bogor)

Gunung Gede menjadi bagian dari 'Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP)'. Gunung yang berada di Bogor ini merupakan salah satu gunung favorit para pendaki, baik pendaki pemula maupun pendaki yang sudah berpengalaman. Selama perjalanan menuju puncaknya, para pendaki akan di suguhkan dengan berbagai lokasi menarik seperti Air Terjun Cibeureum, Sumber Air Panas, Telaga, maupun Padang Edelweis 'Alun Surya Kencana'.

 

Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 mdpl. Untuk sampai ke puncaknya dibutuhkan waktu selama 6 jam jika melewati jalur 'Cibodas'. Bagi pendaki pemula sangat disarankan untuk melewati jalur ini, karena jalur Cibodas memiliki trek yang cukup landai. 

 

3. Gunung Prau (Dataran Tinggi Dieng)

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl dan merupakan salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia. Sehingga Gunung Prau menjadi tempat favorit para pecinta alam, untuk camping sambil memandang lautan awan dan menanti golden sunrise yang sangat indah di 'Tanah Para Dewa'. Dari puncak Gunung Prau, pendaki dapat melihat kegagahan puncak Sindoro-Sumbing, Merapi dan Merbabu dari kejauhan.

 

Trek yang biasa dilewati yaitu trek dari base camp 'Desa Patak Banteng'. Untuk sampai ke puncaknya di perlukan waktu selama kurang lebih 3 jam. Mengingat medan yang di lalui lumayan cukup curam, jadi di sarankan untuk berhati-hati.

 

4. Gunung Ijen (Banyuwangi)

Gunung Ijen merupakan gunung yang cocok untuk didaki oleh pemula. Gunung yang berada di ujung timur pulau jawa tepatnya di Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.443 mdpl, para pendaki dapat melihat indahnya pesona 'Kawah Ijen'. Di gunung ini juga terdapat banyak para penambang tradisional melakukan aktifitas penambangan belerang. Sangat disarankan mendaki gunung ini pada waktu dini hari, agar kalian dapat melihat indahnya fenomena 'Api Biru' (Bluefire) kawah ijen.

 

Para pendaki memerlukan waktu 2,5 jam untuk sampai ke puncaknya jika melalui pos pendakian 'Paltuding'. Karena medan yang akan dilalui berpasir dan cukup curam pada beberapa titik, di sarankan untuk berhati-hati.

 

5. Gunung Andong (Magelang)

Gunung ini berada di sekitaran Yogyakarta, tepatnya di Magelang, Jawa Tengah. Gunung yang dikenal dengan nama 'Gunung Andong', dan memiliki ketinggian 1.726 mdpl. Meskipun gunung ini tidak terlalu tinggi tetapi gunung ini memiliki pemandangan yang sangat menawan dipuncaknya. Para pendaki tidak perlu takut tersesat, karena gunung ini memiliki trek yang jelas dan mudah dan terdapat banyak papan petunjuk.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th