IDWS.ID

Travelling

 Breaking News

Tips Mendaki Gunung Untuk Pendaki Pemula

02 May 2016

Kamu yang ingin mencoba mendaki gunung, mungkin beberapa tips ini bisa membantu kamu para pemula yang ingin mendaki gunung. Karena seiring meningkatnya jumlah pendaki yang ingin mencoba mendaki gunung. Simak tips berikut ini, apa saja yang harus dipersiapkan, diantaranya:

 

1. Persiapan dan Perencanaan yang Matang

Sebelum pendakian yang akan berpengaruh kepada fisik kita dan menguras tenaga kita nanti, ada baiknya jika kita melakukan olahraga (jogging) terlebih dulu sebelum memutuskan untuk mendaki gunung. Perjalanan berjalan kaki dengan membawa carrier dan barang lainnya harus diimbangi dengan fisik yang prima. Selain fisik yang harus prima, perencanaan tanggal pendakian pun sangat penting. Jika bertepatan dengan musim hujan dianjurkan untuk pemula sebaiknya membatalkan karena akan membahayakan diri dan khawatir ada badai yang kita tidak akan duga.

 

2. Peralatan Mendaki

Setelah mengetahui rencana pendakian, kamu juga pasti sudah bisa men-define apa saja peralatan yang dibutuhkan. Yang pasti sepatu atau sendal gunung, tetapi sangat dianjurkan untuk pemula agar memakai sepatu gunung, tenda, sleeping bag, alat masak, headlamp atau senter juga merupakan peralatan yang dibutuhkan. Mengingat mendaki gunung itu bukan hal yang mudah sangat dianjurkan untuk membawa obat-obatan atau P3K. Terlebih jika kamu mempunyai penyakit magh dan penyakit lainnya yang membutuhkan obat khusus.

 

3. Manajemen Logistik

Setelah persiapan fisik dan peralatan mendaki, ada baiknya kita menyediakan manajemen logistik. Karena manajemen logistik merupakan yang sangat penting ketika kita ingin memulai pendakian. Karena ketika kita mendaki, kita memerlukan banyak tenaga. Dan makanan yang perlu dibawa untuk menambah stamina seperti beras, chicken nugget, mie instan, sayur sop, tempe, telur, buah-buahan, air putih, minuman rasa, jelly, kopi dan teh. Cemilan juga sangat penting untuk mengganjal perut ketika makanan sedang dibuat.

 

4. Surat Izin Mendaki

Nah, surat izin mendaki ini biasanya ada digunung-gunung yang sudah menjadi kawasan konseversi seperti TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango) dan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak). Tetapi untuk surat izin mendaki di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, terbilang sangat aarumit, surat izin harus didapat beberapa hari sebelum mendaki dan harus daftar secara online.

 

5. Outfit / Pakaian

Untuk melakukan pendakian sebaiknya gunakan kaos-kaos yang mudah kering, baselayer, dryfit, celana kargo. Jaket dan kaos kaki agar tidak kedinginan. Tidak disarankan untuk memakai levis karena akan mengganggu jalan kita ketika mendaki dan kalau dicuaca dingin celana tersebut tidak membuat hangat akan tetapi menyerap dinginnya. Bawalah beberapa potong baju agar bisa digunakan untuk tidur. Dan masukan baju tersebut ke dalam sebuah kantor plastik agar memudahkan untuk mencarinya dan mengantisipasi terkena basah ketika hujan turun. 

 

Nah, itulah beberapa tips buat para pendaki pemula yang ingin berencana mencoba mendaki gunung.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th