IDWS.ID

Makanan

Terungkap! Alasan Kentang Goreng Tidak Enak Jika Sudah Dingin

09 Oct 2016

Pernahkah Anda berpikir, kenapa kentang goreng akan kehilangan kelezatannya ketika mereka sudah menjadi dingin? Nah berikut ini ada penjelasan, mengenai kentang goreng yang kehilangan kelezatannya, ketika sudah menjadi dingin.

"Ada salah satu alasan utama mengapa kentang goreng kehilangan daya tariknya ketika kentang goreng tersebut sudah dingin adalah dengan adanya perubahan pada tekstur kentang tersebut. Perubahan tekstur tersebut, disebabkan oleh bahan kimia di dalam kentang yang dipenuhi dengan pati. Pati akan terasa enak hanya pada saat terhidrasi dengan cukup," ujar Matt Hartings selaku profesor kimia dari American University di Washington, D.C.

Matt Hartings menjelaskan, pada saat pati di dalam kentang yang berbentuk seperti bola-bola kristal kecil terkena oleh suhu yang sangat tinggi seperti pada saat di penggorengan, maka air tersebut akan masuk ke dalamnya dan mengisi kentang seperti balon.



"Tidak disangka bola krital tersebut berubah menjadi kecil dan juga keras, namun Anda akan dapatkan sesuatu yang lebih poofy. Tekstur yang seperti ini yang pada umumnya sangat disukai oleh masyarakat," jelas Matt Hartings seperti dilansir dari laman Live Science.

Ia juga menambahkan, "Namun ketika kentang goreng tersebut mulai dingin, air di dalam kristalnya mulai keluar, sehingga pada akhirnya Anda kehilangan teksturnya yang lembut. Selain air, ada satu komponen lagi yang juga ikut berkontribusi dalam memicu terjadinya perubahan pada rasa kentang yang kita makan tersebut yakni, suhu.

"Intinya, suhu panas dapat membantu meningkatkan cita rasa yang ada pada berbagai jenis makanan," ujarnya.

Terlebih, rasa tidak enak yang ada pada kentang tersebut juga bisa dipicu oleh aroma kentang yang sudah tidak sedap. "Kentang goreng memang memiliki aroma yang lezat, akan tetapi ketika kentang tersebut dingin, maka sebagian besar aromanya pun ikut menghilang. Tanpa aroma tersebut, rasa lezat pada kentang akan ikut menghilang," tutupnya.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th