IDWS.ID

Makanan

 Breaking News

6 Hidangan Paling Populer Saat Berbuka Puasa

06 Jun 2016

Selepas adzan Maghrib di bulan Ramadhan banyak menu makanan dan minuman yang ditunggu-tunggu. Di mulai dari buah kurma sampai dengan es buah biasanya menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia. Namun, makanan dan minuman apa saja ya yang menjadi incaran banyak masyarakat? Berikut ini ada enam hidangan populer incaran masyarakat yang di lansir laman Liputan6.com.

 

1. Buah Kurma

Buah kurma biasanya paling dicari saat bulan Ramadhan. Pasalnya, sejak zaman Rasulullah SAW, buah ini sudah dikonsumsi untuk buka puasa. Buah yang aman bagi penyandang diabetes ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Selain untuk menyehatkan pencernaan, buah ini juga bisa menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan otak dan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

 

2. Kolak

Kolak yang disajikan saat berbuka puasa, biasanya memiliki bermacam-macam isi. Mulai dari kolang-kaling, kolak pisang, biji salak dan labu. Makanan dengan bahan santan ini terkenal populer karena telah dianggap budaya bagi masyarakat Indonesia. Makanan pembuka ini kerap ada di setiap rumah atau penjual ta'jil di seluruh Indonesia.

 

3. Teh Manis

Baik disajikan dingin atau panas, teh manis merupakan menu favorit berbuka bagi masyarakat Indonesia. Setelah adzan Maghrib berkumandang, minuman ini cukup menyegarkan tenggorokan. Ari Fahrial Syam, selaku ahli penyakit dalam RSCM mengatakan, mengkonsumsi segelas teh manis dan tiga butir buah kurma dapat mengisi kekosongan perut selama 6-8 jam. Sehingga kombinasi dari keduanya cocok untuk orang yang berpuasa.

 

4. Kue Tradisional

Kue tradisional ternyata masih menjadi menu favorit untuk berbuka puasa. Uniknya kue tradisional tiap daerah di Indonesia memiliki beragam jenis dan nama. Kue tradisional favorit untuk berbuka yaitu putu ayu, apem, onde-onde dan lain sebagainya.

 

5. Gorengan

Makanan yang satu ini tidak pernah terlupakan bagi umat muslim saat berbuka puasa. Meskipun terbilang makanan ini tidak baik untuk kesehatan, tetapi tidak bisa di pungkiri bahwa banyak masyarakat yang mencari makanan ini.

 

6. Es Buah

Minuman yang biasanya menjadi penyegar di saat berbuka ini, memiliki bermacam-macam buah didalamnya. Minuman dengan rasa manis dan ditambah dengan buah segar membuat tubuh terasa lebih segar. Tetapi jika kamu mempunyai penyakit magh, kamu harus berhati-hati. Pasalnya Dokter Wiliam Adi TejaChinese Medical Doctor Master of Medicine mengatakan, bahwa saat berbuka puasa, sebaiknya mengkonsumsi minuman yang hangat dulu.

 

"Bukan tidak boleh makan buah, tetapi harus diberi jeda setengah jam setelah mengkonsumsi makanan utama. Hal ini dimaksudkan agar penderita penyakit magh tidak mengalami jantung berdebar, perih dan mual," jelasnya.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th