IDWS.ID

Makanan

 Breaking News

5 Kuliner Kota Palembang yang Berbahan Dasar Ikan

25 May 2016

Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah kota Medan. Selain memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, Palembang memiliki beragam kuliner khas yang bisa untuk kamu coba ketika singgah atau pada saat melakukan perjalanan ke Palembang.

 

Nah, berikut ini adalah beragam kuliner khas Palembang menurut tim IDWS dan Cucubago!

 

1. Tempoyak

Bentuk kuliner Palembang yang satu ini seperti halnya sambal yang masih memiliki tekstur kasar. Tempoyak ini terbuat dari daging buah durian, irisan cabai, serta bawang, menghasilkan perpaduan rasa yang unik dan sangat gurih. Tempoyak ini dapat di santap dengan nasi, hidangkan saat masih hangat. Jika kamu berkunjung ke Palembang, jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini.

 

2. Lenggang

Lenggang merupakan kuliner khas Palembang yang terbuat dari ikan, kemudian dicampur dengan telur yang sudah dikocok terlebih dahulu. Selanjutnya diletakkan pada wadah yang terbuat dari daun pisang, setelah itu dimasak dengan cara dipanggang menggunakan arang hitam. Cara memasak yang tradisional ini membuat aroma yang dikeluarkan oleh kuliner ini harum dan menggoda untuk dicicipi.

 

3. Tekwan

Makanan khas Palembang yang satu ini menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Daging ikan dicampur dengan sagu yang dibentuk kecil-kecil seperti bakso ikan, disiram dengan menggunakan kuah udang dalam keadaan hangat, ditambahkan dengan jamur kuping dan soun sebagai bahan penyusunnya sehingga membuat kuliner ini sangat lezat.

 

4. Laksan

Terbuat dari bahan dasar pempek lenjer tebal dan dipotong secara melintang, kemudian disajikan dengan kuah santan yang pedas. Laksan sangat lezat jika disantap dengan nasi. Seperti kebanyakan makanan yang berada di Palembang, bahan dasar pembuat laksan ini adalah dengan menggunakan ikan yang sangat segar dan lezat.

 

5. Pempek

Tidak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Palembang tetapi tidak mencicipi kenikmatan rasa pempek asli yang sangat terkenal ini. Saat ini penyebaran pempek sudah sangat merata di seluruh Indonesia, tidak hanya di Palembang tetapi di kota-kota kecil. Pempek dibuat dengan beragam bentuk, seperti pempek keriting, pempek telor, pempek lenjer, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk menyantapnya dengan hirup cuko. Hirup cuko merupakan saus yang biasanya digunakan untuk menambah rasa yang sedap saat menyantap pempek.

 

Sumber: http://forum.idws.id/

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th