IDWS.ID

Makanan

 Breaking News

3 Wisata Kuliner Murah Meriah di Surabaya

17 May 2016

Berkunjung ke 'Kota Pahlawan' berarti kamu wajib menikmati berbagai aneka macam kuliner Surabaya yang begitu khas. Pasalnya memang kurang sah apabila hanya berkunjung ke tempat wisatanya saja tanpa mencicipi kekayaan masakan lokal Surabaya yang sudah popular. Berikut ini beberapa kuliner khas Surabaya yang wajib kamu coba menurut IDWS dan Jarkon.

 

1. Tahu Campur

Bagi pecinta kuliner, datang ke Surabaya rasanya tidak akan sempurna kalau tidak menikmati 'Tahu Campur'. Menu ini biasanya berisi perkedel, tahu goreng, taoge, singkong, mie kuning, selada air, kerupuk udang dan kuah sop daging.

 

Biasanya kamu juga akan mendapatkan 'Lentho'. Lentho merupakan gorengan yang dibuat dari kacang hijau dan kacang merah, kikil, urat, dan tahu kuning. Kamu juga bisa menambahkan lontong jika mau. Nikmatnya akan lebih berasa jika di campurkan dengan bumbu petis. Kamu tidak perlu bingung-bingung untuk mendapatkan makanan ini, karena makanan ini mudah ditemukan di warung kaki lima, restoran, bahkan dijual dengan gerobak dorong. Harganya pun relatif murah, berkisar Rp 8.000 - Rp 10.000 per porsinya.

 

2. Semanggi Surabaya

Semanggi Surabaya merupakan salah satu makanan khas surabaya yang terbilang sangat unik, karena makanan ini jarang sekali ditemukan di daerah lain. Dibilang unik karena menunya mirip sekali dengan pecel, hanya saja makanan yang satu ini lebih didominan oleh daun semanggi yang dikukus kemudian dicampur dengan kangkung, kecambah, dan kerupuk uli. 

 

Untuk mencari menu ini juga tidak terlalu sulit, karena masyarakat surabaya banyak yang menjual keliling. Biasanya disajikan dengan daun pisang (dipincuk) lalu disiram dengan bumbu kacang. Cara menyantapnya pun terbilang unik. Kamu tidak perlu menggunakan sendok, namun cukup dengan menggunakan kerupuk. Harganya dijamin murah, satu porsi di bandrol dengan harga Rp 5.000.

 

3. Lontong Balap

Pasti kamu sering mendengar makanan yang satu ini, meskipun kamu tidak pernah lihat seperti apa bentuknya. Siapapun yang berkunjung ke surabaya dijamin pasti langsung mencari kuliner yang satu ini. 

 

Bahkan karena kepopulerannya Lontong Balap sering dijadikan ikon kuliner kota surabaya. Yang membuat beda menu yang satu ini dengan menu lontong di daerah lain adalah karena isinya yang begitu lengkap, misalnya ada lentho, tahu goreng dan taoge. Apalagi ditambah dengan sate kerang, semakin membuat rasa lontong balap menjadi unik dan gurih. Harganya pun tergolong murah meriah. kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 7.000 - Rp 8.000.

 

Sumber: http://forum.id/

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th