IDWS.ID

Makanan

Ini Dia Cara Unik Memotong Pizza Untuk Keluarga Besar

12 Jan 2016

Matematika terbukti sangat berperan penting untuk kehidupan sehari-hari apalagi bagi kamu penikmat makanan asal Italia tersebut. Sejenis roti bundar yang dipanggang dengan oven dan biasanya dilumuri dengan saus tomat serta keju atau yang kita kenal dengan istilah Pizza itu kini sudah merajalela dimana-mana di Indonesia.

Biasanya kita membeli pizza dengan potongan yang genap, tapi dengan menggunakan teknik Matematika kamu bisa sesuka hati memotong pizza dengan ukuran yang sama satu sama lainnya. Hal itu seperti yang diungkap Joel Haddley dan Stephen Worsley dari University of Liverpool di Mirror, bahwa dirinya mempunyai konsep pembagian Pizza dengan potongan yang unik dan semua potongan sama besar. Teknik ini mereka sebut konsep potongan melingkar.

Pada umunya Pizza di potong dengan teknik monohedral atau satu bentuk dengan bentuknya yang segitiga, tapi untuk penemuan yang kali ini jelas berbeda. 

"Kami menemukan cara yang lebih pas untuk menyantap Pizza dengan keluarga besar, yaitu dnegan metode melingkar. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan potongan yang sama besar, tapi ada potongan dengan pinggiran, dan ada yang tidak,” kata Haddley seperti dilansir idws dari Popular Science.

Joel Haddley dan Stephen Worsley  memilih teknik melingkar lantaran bentuk Pizza yang berbentuk lingkaran. Oleh karena itu, mereka juga membuat rumus Matematika sebelum mereka membuat potongan Pizza sebelum disantap. Dari rumus tersebut, akhirnya mereka bisa membuat potongan dengan sudut-sudut berjumlah genap, seperti 5, 7, atau 9.

Kedua ahli matematika ini mengklaim bahwa dengan rumus tersebut, mereka bisa membuat potongan yang tak terbatas banyaknya dengan bentuk yang unik. Tapi, tentunya untuk mendapatkan potongan itu, mereka harus membagi dua dari jumlah sebelumnya. Bahkan, keduanya juga membuat ekserimen dengan mencungkil sedikit potongan-potonga, sehingga menghasilkan bentuk bergerigi. Uniknya, bentuk ini tak mengubah bentuk bundar asli pizza.

Share    

IDWS Promo

IDWS Event