IDWS.ID

Health

Kubis dan Brokoli Berkhasiat Umur Panjang

22 Apr 2015

Baru-baru ini peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Harvard, Amerika Serikat menemukan, umur panjang bisa didapat oleh individu yang rutin menjalani pola diet tinggi serat.

Konsumsi biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan akan mencegah penyakit yang berkaitan dengan pencernaan, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Apalagi saat ini, tidak sedikit kaum muda meninggal akibat sejumlah penyakit tersebut.

Gastroentrologist Rumah Sakit Wythenshawe, Manchester, Profesor Peter Whorwell mengatakan, bila sehari-hari kurang mengonsumsi serat, seseorang mudah sembelit. Bila didiamkan, kotoran yang menumpuk mendatangkan penyakit lainnya.

Peter menjelaskan, tak sulit bagi kita mendapatkan sumber makanan tinggi serat. Jika di swalayan harga buah dan sayuran dirasa mahal, kita bisa membelinya di pasar tradisional dengan harga terjangkau. Takut buah dan sayuran di pasar tercemar bahan-bahan yang tidak baik, cucilah sampai bersih sebelum dikonsumsi langsung atau diolah menjadi makanan.

Bingung memilih serat yang baik?

 


 

Peter merekomendasikan kita mengonsumsi brokoli dan kubis, Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan kubis merah dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Kubis merah mengandung vitamin K dan antosianin, antioksidan untuk membantu mengurangi plak pada otak, sehingga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Sekitar 400 varietas kubis di seluruh dunia yang bervariasi dalam bentuk (dari bulat sampai berbentuk kerucut), ukuran (4-8 inci) dan warna (hijau, putih, merah, dan daun ungu). Yang paling umum adalah kubis yang berwarna hijau muda.


Kubis merupakan sayur ekonomis dan serbaguna yang mudah ditemukan di supermarket apapun dan memberikan Anda nilai gizi yang besar. Sayuran ini dapat dimakan mentah atau dimasak, tetapi sering ditambahkan pada sup atau semur. Di Jerman, kubis dijadikan acar dan di hidangkan sebagai Sauerkraut.


 

Para ilmuan menyatakan bahwa brokoli memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium. Hal ini berkat kandungan fitokimia yang bernama indole dan isothiocyanate. Inilah yang disebut-sebut sebagai manfaat brokoli yang paling besar.Brokoli mengandung vitamin B6 dan Asam folat yang terbukti dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur.
 

 

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th