IDWS.ID

Health

Wanita 22 Tahun Asal Brazil Terjangkit HIV Dari Peralatan Manikur

25 Oct 2019

IDWS, Jumat, 25 Oktober 2019 - Seorang wanita berusia 22 tahun asal Brazil didiagnosis terjangkit HIV setelah menjalani manikur dengan peralatan yang tidak steril, melansir New York Daily News.

Kasus tersebut dilaporkan pertama kali dalam jurnal AIDS Research and Human Retroviruses pada tahun lalu, yang menggaris bawahi cara baru penularan virus mematikan tersebut. Dalam jurnal tersebut disebutkan wanita Brazil itu terjangkit HIV tingkat lanjut pada diagnosa pertama.

Yang membuat para ahli keheranan adalah, ia dikonfirmasi tidak terpapar oleh faktor-faktor yang umum ditemui dalam penyebaran HIV seperti berhubungan seksual tanpa kondom atau menggunakan jarum suntuk bekas.

Ketika tenaga medis profesional mencoba menggali lebih jauh lagi, mereka menemukan fakta bahwa beberapa tahun lalu, wanita itu pernah berbagi peralatan manikur dengan seorang sepupunya yang kemudian dinyatakan positif HIV. Analisa darah menunjukkan bahwa wanita itu pertama kali terjangkit virus HIV sekitar 10 tahun lalu.

Menurut Dr Brian Foley dari HIV Sequence Database di Los Alamos National Laboratory, Amerika Serikat, insiden tersebut tidak seharusnya membuat orang-orang takut untuk bersentuhan dengan pasien HIV karena resiko infeksi amat sangat kecil.

"HIV tidak ditularkan lewat kontak kasual, seperti berbagi peralatan makan atau minum dari gelas yang sama. Penularan HIV dari penggunaan peralatan manikur yang sama seperti ini adalah kejadian yang amat sangat langka dan tidak seharusnya membuat orang-orang takut akan HIV atau bersentuhan dengan pasien HIV," kata Foley.

"Akan tetapi, kasus tersebut bisa digunakan sebagai peringatan akan berbagi peralatan yang kemungkinan dapat terpapar darah dengan mudah," tambahnya. Dengan kata lain, berbagi peralatan yang mudah terpapar darah seperti jarum sukti, jarum tato atau jarum akupuntur dapat menularkan virus-virus seperti hepatitis C (HCV) dan HIV.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mengecek kembali peralatan manikur sebelum menggunakanya, dan memastikan peralatan tersebut steril sebelum kalian gunakan.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: theAsiaparent Philippines via New York Daily News

Foto fitur: iStudy.org.uk

Share    

IDWS Promo