IDWS.ID

Health

Kamu Suka Pakai Headset? Wajib Baca Ini

07 Jan 2015

Mendengarkan musik memang selalu jadi pilihan ketika lagi menunggu atau untuk memperbaiki mood. Biasanya untuk lebih privasi dan tidak mengganggu ketenangan orang lain, kamu akan memilih memakai headset. Headset memang barang yang paling berguna dan praktis untuk dibawa kemana-mana. 

Tapi, tahukah kamu kalau sebenarnya dibalik kemudahan yang ditawarkan oleh headset juga menyimpan dampak negatif? Penelitian mengungkapkan bahwa terlalu sering menggunakan headset dapat merusak pendengaran seseorang. Apalagi kalau memakai headset lebih dari lima jam dalam seminggu. 

Mulai dari kerusakan pada pendengaran hingga merusak sistem kerja otak, menggunakan headset juga berbahaya untuk keselamatan kamu. Misalnya saja kamu mendengarkan headset dengan volume musik yang terlalu keras sampai gak sadar kalau ada mobil yang mengklakson dari belakang ketika kamu menyebrang. Bisa-bisa kamu tertabrak. Banyak juga loh kasus kecelakan karena menggunakan headset saat berkendara dan membuat kehilangan fokus ketika berkendara.

Terus gimana dong? Apa kamu harus meninggalkan kebiasaan menggunakan headset begitu saja? Gak juga sih, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kamu bisa memulai kebiasaan baru. Misalnya dengan tidak medengarkan musik bervolume terlalu keras ketika memakai headset. Atau tidak memakai headset ketika sedang berkendara atau sedang menyebrang. Kalau kamu masih merasa bosan ketika diperjalanan dan tidak mendengarkan musik dengan headset, masih banyak kok yang bisa kamu lakukan seperti tidur misalnya (tapi ini khusus untuk kamu yang naik kendaraan umum atau disupirin ya)

Selain untuk mencegah dampak buruk yang nantinya akan timbul, kamu juga gak mau kan menjadi manusia anti sosial yang jarang ngobrol dengan orang-orang disekitar kamu hanya karena sibuk sendiri dengan headset kamu?

Untuk menghibur kamu, nonton aja yuk video soal headset berikut ini 

Share    

IDWS Promo

IDWS Event