IDWS.ID

Health

 Breaking News

6 Trik Bangun Sahur Tepat Waktu Tanpa Rasa Kantuk

02 Jun 2016

Beberapa hari lagi umat muslim akan menjalankan ibadah puasa, dan biasanya di awal-awal bulan puasa itu perjuangan yang paling berat adalah ketika bangun sahur. Untuk sebagian besar masyarakat bangun lebih awal untuk makan sahur bukan hal yang mudah. Terlebih jika kamu memiliki kebiasaan begadang, bangun pagi jelas suatu usaha yang bisa menguras emosi.

 

Tapi untuk mengatasinya selalu ada trik yang bisa dicoba untuk bangun sahur tepat waktu. Untuk mencoba kali pertama mungkin memang akan susah, tapi jika sudah berhasil mencoba dihari pertama akan lebih mudah dihari selanjutnya. Seperti yang IDWS lansir dari Vemale, ada 6 cara supaya kamu bisa bangun sahur tepat waktu tanpa kantuk.

 

1. Niat Bangun Sahur

Perlu niat yang kuat, ini adalah salah satu cara yang paling utama untuk bangun sahur tepat waktu. Sebelum kamu bergegas tidur, sebaiknya berdoa dan berniat supaya bisa tepat waktu bangun sahur. Kalau perlu kamu bisa catat mau bangun sahur jam berapa, hal ini agar kamu bisa menghargai waktu yang sudah kamu buat.

 

2. Letakkan Jauh Alarm

Setel jam pada alarm dan letakkan yang jauh dari jangkauan kamu. Hal ini dimaksudkan agar ketika alarm berbunyi kamu dapat segera bangun, dan mematikan alarmnya. Dan yang paling penting adalah saat alarm berbunyi, jangan menekan tombol sneeze atau menunda untuk bangun 5 menit lagi.

 

3. Minta Bantuan Orang Rumah

Ketika alarm sudah tidak bisa membangunkan, cara ini akan dipakai oleh kebanyakan orang. Karena tidak akan ada alasan menunda untuk tidur lagi ketika orang rumah sudah membangunkan. Tetapi bisa juga dibangunkan oleh warga yang bertugas membangunkan orang-orang dengan kebisingan yang dibuatnya, Seperti memukul kentongan atau beduk.

 

4. Hindari Makan Makanan Berat

Sebelum tidur usahakan untuk tidak memakan makanan yang berat, karena nantinya akan membuat kerja pencernaan dan fungsi tubuh menjadi berat. Sehingga mengakibatkan kamu susah bangun untuk sahur, bukan hanya itu makan sebelum tidur juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu dan akan berakibat membuat kamu menjadi gemuk.

 

5. Basuh Muka dengan Air Dingin

Jika kamu masih juga susah untuk membuka mata, cobalah untuk membasuh muka dengan air dingin. Karena dengan terkenanya air dingin di muka kamu itu akan memberikan sensasi segar dan rasa kantuk pun akan hilang. Cara ini sudah sering dibuktikan oleh orang-orang yang sulit membuka mata pada saat ingin sahur.

 

6. Tidur Lebih Awal

Buat kamu yang suka begadang, sebisa mungkin kurangi kebiasaan tersebut. Dan cobalah untuk tidur lebih awal dari jam tidur kamu biasanya. Tubuh kamu juga mempunyai hak untuk beristirahat. Jadi disarankan untuk mencukupi kebutuhan istirahat tubuh kamu, agar ketika bangun sahur badan menjadi lebih fit.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th