IDWS.ID

Health

Fakta Unik! Alasan Makanan Terasa Pahit Setelah Gosok Gigi

16 Mar 2016

Pernahkah kamu merasakan makanan terasa pahit setelah menggosok gigi? Untuk memecahkan pertanyaan di atas, team IDWS akan membocorkan fakta unik dari pasta gigi yang sering kita pakai untuk membersihkan gigi.

Pasta Gigi yang sering kita pakai memiliki sebuah senyawa bernama  'sodium lauryl sulfate'. Nah tahukah kamu senyawa itu ternyata sangat berperan penting untuk gigi kita. Senyawa itu mengandung deterjen yang berperan untuk menghasilkan busa yang banyak ketika kita menggosok gigi. Sebenarnya jumlah busa tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan gigi, tapi secara psikologis jumlah busa inilah yang akan membuat kita merasa mulut kita bersih.

Tapi sayangnya, deterjen yang terkandung pada pasta gigi sedikit merusak rasa makanan yang masuk ke dalam mulut setelah kita menggosok gigi. Apa sih sebenarnya yang membuat mulut terasa pahit? 

Hal itu dikarenakan senyawa yang mengandung deterjen itu cenderung mengurangi kemampuan lidah kita dalam mengecap rasa. Apalagi jika mulut bertemu dengan sesuatu yang berasa asam, maka rasa pahit akan muncul seketika. Untuk lebih jelasnya kita bisa amati penjelasan detailnya secara molekuler. 

Dalam skala kecil, deterjen mengubah respon dari reseptor perasa yang ada di lidah kita, dengan cara mengacaukan membran lemak yang sebenarnya bertugas untuk menyatukan tiap sel. Sebenarnya reaksi itu hampir sama dengan apa yang dilakukan sabun cuci piring, untuk menghilangkan lemak membandel yang menempel di alat makan kita. So, jangan kaget jika makanan didalam mulut terasa pahit setelah menggosok gigi.

Share    

IDWS Promo

IDWS Event