IDWS.ID

Event

 Breaking News

Festival Pembaca Indonesia 2015

19 Nov 2015
Hai semua pencinta buku, mari berkumpul!
 
Ada kabar gembira untuk kalian, nih. Festival favorit kalian yang sudah ditunggu-tunggu akan segera datang, yaitu Festival Pembaca Indonesia 2015. (Indonesia Readers Festival 2015, #IRF2015) Setelah tahun lalu sukses dengan 3.500 pengunjung, Festival Pembaca Indonesia akan hadir untuk ke-enam kalinya. Nah, berikut ini adalah enam fakta yang harus kamu ketahui tentang #IRF2015:
 
  1. Penyelenggara dan pencetus Festival Pembaca Indonesia sejak tahun 2010 adalah Goodreads Indonesia, komunitas pembaca yang sudah terbentuk selama delapan tahun inimenjadikan Festival Pembaca Indonesia sebagai puncak kegiatannya dalam setahun. Dengan lebih dari 15.000 anggota terdaftar, diharapkan banyak pengunjung yang akan datang. Goodreads Indonesia telah berpengalaman menyelenggarakan kegiatan perbukuan dalam skala lokalhinggainternasional. Bekerja sama dengan penerbit, penulis, komunitas, perusahaan, dan pihak lainnya, Goodreads Indonesia akan berusaha menyelengarakan #IRF2015 dengan lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya.
  2. Tema #IRF2015 adalah “Reading, Caring, Sharing.” Diawali dengan membaca sebagai gaya hidup, dari buku-buku yang dibaca kita akan mengetahui apa saja yang telah, sedang, dan mungkin akan terjadi. Timbul kepedulian kita akan masa lalu, sekarang, dan masa depan. Dari sanalah muncul keinginan untuk berbagi dengan orang lain muncul, untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik.
  3. Waktu penyelenggaraan #IRF2015 adalah Sabtu dan Minggu, tanggal 5-6 Desember 2015. Sejak tahun 2013, Festival Pembaca Indonesia berubah dari sehari menjadi dua hari penyelenggaraan untuk memenuhi keinginan pecinta buku yang ingin lebih lama menikmati festival. Keinginan itu pun bertambah lagi menjadi tiga hari bahkan seminggu, tentunya kami juga mengharapkan hal yang sama. Asalkan saja ada dukungan sponsor yang mampu memberikan dana untuk kami menyelenggarakan lebih dari dua hari. Oleh karena itu, kami meminta semua pencinta buku untuk dapat memberikan donasi ataupun kontak pihak yang bisa menjadi sponsor #IRF2015.
  4. Lokasi penyelenggaraan #IRF2015 adalah Tower 2 at Synthesis Square, Jl. Gatot Subroto , Jakarta Selatan. Dengan dukungan dari Synthesis Development dan Synthesis Square, acara akan berlangsung di ruangan yang luas dan berpendingin udara sehingga pengunjung dengan nyaman dapat berkegiatan tanpa harus takut dengan hujan yang biasanya turun di bulan Desember. Selain itu, lokasinyanya pun strategis di Jl. Gatot Subroto Kav 64, No. 177A Jakarta Selatan (Ex. Gedung Swalayan Hero).  Bagi yang berkendara dengan angkutan umum bisa naik Transjakarta/APTB dan turun di Halte Transjakarta Pancoran Barat yang terletak persis di depan Synthesis Square. Bus kota lain yang melintas di depan Synthesis Square adalah Patas AC 81 (Depok-Kalideres), Patas 55 (UKI Cawang-Grogol), Patas 57(Pulogadung-Blok M),  Metromini 640 (Pasar Minggu-Tanah Abang). Sedangkan bagi yang menaiki kereta api, bisa turun di Stasiun Cawang dan melanjutkan perjalanan dengan Transjakarta menuju Halte Transjakarta Pancoran Barat.  Dan tidak perlu khawatir untuk yang membawa kendaraan pribadi, lahan parkir Synthesis Square cukup memadai. (Google Map) 
  5. Kegiatan yang ada di #IRF2015 berupa Pameran Koleksi Buku berbagai genre milik pribadi, perpustakaan, ataupun komunitas. Kemudian ada pula diskusi menarik dengan penulis dan pelaku dunia perbukuan lainnya dalam bentuk talkshow dan workshop. Bagi yang senang menonton film, ada Bioskop Baca yang menayangkan film-film diadaptasi dari buku. Sedangkan yang senang dengan tantangan, bisa ikut GRI Amazing Race. Jika kalian ingin menukarkan buku dengan milik kami, datangi saja meja bookswap dan bookwar. Jangan khawatir untuk kalian yang ingin mengajak anak kecil, mereka bisa bermain di arena Pojok Anak. Semua area menyediakan hadiah-hadiah menarik yang bisa kalian perebutkan.
  6. Anugerah Pembaca Indonesia selalu diadakan setiap pengadaan Festival Pembaca Indonesia. Anugerah ini digelar untuk memberikan apresiasi untuk penulis dan pewajah sampul buku fiksi, non fiksi, komik, dan puisi. Periode buku yang diseleksi dalam penilaian Anugerah Pembaca Indonesia 2015 adalah buku yang terbit sejak September 2014 hingga Agustus 2015. Sehingga untuk para penerbit dan penulis yang ingin bukunya diikutsertakan, bisa memasukkan datanya ke dalam situs goodreads.com. Informasi mengenai API 2015 akan  diberitahukan kemudian dalam bulan Oktober 2015.Untuk informasi lebih lanjut, pantau terus web festivalpembacaindonesia.com Juga bisa dilihat melalui official page Festival Pembaca Indonesia di fanpage Facebook. Lalu pantau akun Twitter resmi kami, yaitu @bacaituseru dengan tagar #IRF2015.
Baca Buku Acaranya Secara online di sini:
 

 
Informasi lebih lanjut:
twitter: bacaituseru
Official Website: festivalpembacaindonesia.com



Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th