IDWS.ID

Bola Nasional

Indonesia Juara Piala AFF U-22 2019 Setelah Kalahkan Thailand 2-1

26 Feb 2019

Osvaldo Haay (nomor 10) merayakan golnya yang membuat timnas Indonesia U-22 unggul atas Thailand. Gol itu pun menjadi gol penentu kemenangan Indonesia yang mengantarkan Garuda Muda sebagai juara Piala AFF U-22 2019. (Foto: ANTARA FOTO / Nyoman Budhiana)

IDWS , Selasa, 26 Februari 2019 - Rakyat Indonesia boleh berbangga, pasalnya meski tengah dirundung masalah pengaturan skor, sepakbola Indonesia tetap berprestasi di kancah internasional lewat timnas U-22 yang menjuarai Piala AFF U-22 pada Selasa (26/2/2019) malam ini setelah mengalahkan juara bertahan Thailand dengan skor 2-1.

Paruh pertama laga final yang digelar di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja itu tak membuahkan gol bagi kedua tim. Adalah Thailand yang lebih dulu membuka skor setelah Saringkan Promsupa memanfaatkan tendangan bebas yang didapat timnya untuk menjebol gawang Awan Setho pada menit ke-57.

Garuda Muda bukannya melemah, semangatnya malah makin berkobar. Baru dua menit setelah kebobolan, pemain sayap Rizki Pora mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan kerasnya yang membentur kepala Marco Ballini sebelum kemudian masuk ke gawang Thailand.

Semangat tinggi Garuda Muda masih tak surut dan terus melancarkan serangan demi serangan. Hasilnya, menit ke-63, Indonesia sukses mengungguli sang juara bertahan lewat tandukan Osvaldo Haay yang menyambut tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Thailand. Skor 2-1 ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai, mengukuhkan Indonesia U-22 sebagai juara dari Piala AFF U-22 2019.

Gelaran Piala AFF U-22 kali ini merupakan edisi kedua, di mana sebelumnya turnamen ini bernama Piala AFF U-23 yang digelar di Thailand pada 2005. Thailand menjadi juara pada saat itu dengan mengalahkan Singapura 3-0 di Stadion Thai Army Sports pada laga final.

Gelar juara ini pun menjadi kali kedua bagi Indra Sjafri membawa Garuda Muda mengangkat piala. Sebelumnya ia telah mengantar timnas Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF U-19 tahun 2013 silam.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: bola.kompas.com

Share    

IDWS Promo