IDWS.ID

Bola Nasional

Piala AFC U-19: Tertinggal 5 Gol dari Qatar, Indonesia Nyaris Melakukan Comeback Meski Akhirnya Kalah 6-5

22 Oct 2018

Indonesia Muda menunjukkan perlawanan dan semangat luar biasa yang sayangnya masih belum cukup untuk meloloskannya dari kekalahan 6-5 atas Qatar dalam Piala AFC U-19 hari Minggu (21/10) kemarin.

IDWS, 22 Oktober 2018 - Tertinggal 6-1 pada menit ke-56 atas Qatar yang tampil trengginas berkat hattrick Abdulrasheed Umaru, tuan rumah Indonesia U-19 menolak untuk menyerah dan malah menyerang balik dengan 4 gol. Namun sayangnya, Dewi Fortuna belum tersenyum pada mereka setelah gol ke-6 tak kunjung datang sehingga akhirnya menyerah kalah dengan skor akhir 6-5.

 

Tapi Indonesia bisa Berbangga karena telah menunjukkan semangat pantang menyerah yang luar biasa. Belum lagi fakta bahwa satu kemenangan lagi sudah cukup membawa tim Garuda Muda untuk lolos ke babak perempat final.

Tentunya, kerapuhan lini belakang saat melawan Qatar adalah pe-er yang musti ditangani secepat mungkin. Terlihat lini belakang Indonesia Muda tampak seperti memberikan gol pada Qatar, yang dimulai pada menit ke-11 dimana kapten Nurhidayat kehilangan bola di depan gawangnya sendiri dan kesalahan fatal itu dimanfaatkan oleh Hashim Ali dengan penyelesain yang simple.

 

 

Tiga menit kemudian, kecerobohan dalam bertahan kembali membuat Indonesia Muda "dihukum", kali ini Abdulrasheed yang diberi kesempatan untuk melakukan sprint sambi membawa bola tanpa hadangan berarti ke depan gawang sebelum kemudian mengakhiri aksinya dengan penyelesaian yang lugas.

 

 

Timnas U-19 Qatar menambah pundi-pundi gol mereka pada menit ke-24 lewat Mohammed Jadoua ketika tendangan jarak jauhnya berubah haluan karena terpantul Nurhidayat dan menjebol gawang Indonesia Muda.

Luthfi Kamal mengurangi defisit gol Indonesia atas Qatar setelah tendangan bebasnya yang melambung tinggi menukik masuk ke dalam gawang Qatar meski sempat ditepis kiper Salah Zakaria.

 

 

Sayangnya, Abdulrasheed kembali membuat keunggulan Qatar menjadi 3 gol. 4 menit menjelang bubaran babak pertama, ia menerima umpang silang dari sisi kiri lapangan sebelum kemudian menghempaskan bola dengan keras ke pojok kiri gawang Indonesia. Skor 4-1 untuk keunggulan Qatar U-19.

 

 

Enam menit setelah babak kedua dimulai, Hashim Ali menambah keunggulan Qatar menjadi 5-1. Situasi semakin buruk bagi Indonesia Muda setelah Abdulrasheed melengkapi hattrick-nya lima menit kemudian setelah lolos dari jebakan offside dan mengakhirinya dengan penyelesaian satu sentuhan yang matang, menambah keunggulan Qatar menjadi 6-1.

 

 

Indonesia mendapat sedikit nafas pada menit ke-65, dimana Todd Rivaldo Ferre mencetak gol lewat tendangan bebas dari titik yang nyaris sama dengan tendangan bebas Luthfi Kamal sebelumnya. Rivaldo melepas tendangan "pisang" yang melengkung ke pojok kiri gawang Qatar. Kiper Salah tak kuasa menghalau tendangan indah tersebut. Skor 6-2.

 

 

Indonesia pada malam itu tampaknya memang memanfaatkan tendangan bebas semaksimal mungkin, disertai dengan kelemahan kiper Qatar akan bola-bola atas. Menit 69, Saddil Ramdani mencetak gol brilian lewat sebuah tendangan bebas dengan kaki kiri dari sisi kanan lapangan. Bola mengarah dekat dengan tiang atas gawang, dan meski sempat terkena tepisan Salah, bola tetap masuk ke gawang karena kerasnya tendangan Saddil.

 

 

Semangat Indonesia yang lesu pada babak pertama agaknya mulai sirna. Comeback yang awalnya terasa mustahil tiba-tiba menjadi mungkin. Kembali Rivaldo menunjukkan kelasnya di menit 73, menggiring bola melewati empat pemain Qatar sebelum kemudian melepaskan tendangan keras ke pojok atas kiri gawang Qatar. Skor pun menjadi 6-4.

 

 

Dan dengan 9 menit sisa pertandingan, sang pemain Persipura Jayapura melengkapi hattrick-nya — lagi-lagi lewat gocekan mautnya sebelum kemudian ia selesaikan dengan sepakan keras mendatar ke gawang Qatar. Skor pun berubah menjadi 6-5, masih bagi keunggulan Qatar.

 

 

Sayangnya, keajaiban tak terjadi. Qatar ngotot mempertahankan keunggulan mereka dan hingga wasit meniup peluit panjang, skor tak berubah 6-5 untuk kemenangan tim tamu. Namun, Indonesia tetap berbangga karena semangat pantang menyerah telah ditunjukkan oleh para Garuda Muda. Setidaknya, masih ada harapan bagi Indonesia setelah para pemain muda ini nantinya menjadi tulang punggung timnas senior. Maju terus Indonesiaku! (Stefanus/IDWS)

QATAR: Salah Zakaria, Nasir Baksh, Ahmed Suhail, Yousef Aymen, Ahmed Al-Minhali, Abdollah Ali Saei, Mohammed Jadoua, Khaled Mohammed (Naseer Al-Yazidi 83’), Abdulla Al-Murisi (Ahmed Al-Ganehi 62’), Hashim Ali (Eisa Palangi 79’), Abdulrasheed Umaru.

INDONESIA: Muhammad Riyandi, Asnawi Bahar, Nurhidayat (Indra Mustafa 46’), Rachmat Irianto, Firza Andika, Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani (Feby Eka Putra 84’), Egy Maulana, Rafli Mursalim (Todd Rivaldo Ferre 55’).


Sumber: Fox Sports

Share    

IDWS Promo

IDWS Event