IDWS.ID

Bola Internasional

Lionel Messi Menerima Penghargaan Creu de Sant Jordi, Salah Satu Penghargaan Tertinggi di Catalunya

17 May 2019

IDWS, Jumat, 16 Mei 2019 - Lionel Messi kembali mendapat penghargaan untuk menambah koleksi penghargaan bejibun dalam lemarinya. Namun penghargaan kali ini terbilang spesial karena sebelum dirinya, hanya legenda Barcelona asal Belanda, almarhum Johan Cruyff saja yang pernah menerimanya.

 

Megabintang Barcelona itu menerima penghargaan "Creu de Sant Jordi", sebuah penghargaan yang mengakui seorang individu atau sebuah institusi akan jasanya melindungi Catalunya serta menjaga identitas wilayah tersebut.

Penghargaan Creu de Sant Jordi sendiri mulai diberikan pada tahun 1981 dan merupakan penghargaan sipil tertinggi kedua (hanya kalah dari Medalla d'Or de la Generalitat de Catalunya)  yang diberikan pemerintahan regional Catalunya kepada warganya setiap tahunnya.

 

Lionel Messi menerima penghargaan Creu de Sant Jordi pada Jumat, 17 Mei 2019. (@BleacherReportFootball/Facebook)

Pemain asal Argentina itu menikmati karir cemerlang sejak bergabung dengan Barcelona pada usia 13 tahun, hingga seolah menjadi sinonim dari klub tersebut sekaligus didapuk menjadi pemain terbaik dunia bersama Cristiano Ronaldo.

Messi telah 34 gelar bersama Barcelona — paling banyak dibandingkan pemain lain yang pernah bermain untuk El Barca, merupakan pencetak gol terbanyak di klub itu dengan 598 gol, memenangkan pertandingan resmi terbanyak bersama Barcelona dengan catatan 482 kemenangan, dan merupakan pemain dengan jumlah penampilan terbanyak kedua bagi Barcelona, tepat di belakang Xavi Hernandez.

Messi bukanlah pemain Barcelona pertama yang mendapat kehormatan dianugerahi penghargaan Creu de Sant Jordi. Almarhum Johan Cruyff lebih dulu menerima kehormatan serupa pada 2006 silam. Klub Barcelona sendiri juga menerima penghargaan tersebut sebagai sebuah institusi pada 1992.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Goal.com

Share    

IDWS Promo