IDWS.ID

Bola Internasional

Penantian 29 Tahun Liverpool Berujung 'Juara Liga Inggris' Untuk 21 Menit Lamanya Sebelum Digeser City

13 May 2019

Manchester City mempertahankan gelar Liga Inggris setelah sempat jantungan pada hari terakhir liga di musim 2018/19.

IDWS, Senin, 13 Mei 2019 - Selama 21 menit, Liverpool menjadi "juara" Liga Primer Inggris di mana mereka unggul 2-0 atas Wolves, sementara di saat yang sama Manchester City justru tertinggal lebih dulu dari Brighton di Stadion Amex. 

 

 

Namun anak asuh Pep Guardiola menunjukkan mental juaranya untuk membalik keadaan sehingga membukukan 98 poin untuk menyalip 97 poin Liverpool.

 

Pemain Liverpool tertunduk lesu meski baru saja mengalahkan Wolves pada laga terakhir Liga Primer Inggris, Minggu (12/5/2019). (AFP)

Menariknya, 97 poin yang dikumpulkan Liverpool itu merupakan rekor poin tertinggi yang diraih oleh runner-up alias peringkat kedua di sejarah Liga Primer Inggris. Menilik kembali buku sejarah Primer Liga, setidaknya Liverpool bisa menjadi juara pada 25 kali kesempatan dengan 97 poin. Hanya dua kali saja ada tim yang sanggup menjadi juara dengan poin lebih banyak dari 97.

Glenn Murray membuat kejutan dengan membuka skor bagi Brighton di menit ke-27 yang membuat para pendukung Liverpool — yang untuk sementara berganti haluan menjadi pendukung Brighton — bersorak sorai. Namun City tak butuh waktu lama untuk membalas.

Sontekan Sergio Aguero melewati kedua kaki Mat Ryan untuk menyamakan kedudukan satu menit kemudian. Sepuluh menit berselang, sundulan bek Aymeric Laporte meluncur ke pojok gawang Brighton tanpa kesulitan dan membuat City unggul 2-1.

Harapan pendukung Brighton (atau mungkin Liverpool???) makin kandas setelah Riyad Mahrez memperlebar keunggulan The Citizen menjadi 3-1 di menit ke-63. Tendangan bebas luar biasa Ilkai Gundogan di menit ke-72 menuai banjir air mata para pendukung setia The Reds yang telah 29 tahun lamanya menanti gelar juara Liga Primer Inggris.

"Melihat lagi ke belakang, [perburuan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini] merupakan yang tersulit sekaligus paling memuaskan. Liverpool sangat luar biasa tahun ini. Saya tak bermaksud menabur garam pada luka — mereka tidak sepantasnya kalah. Tapi kami (Manchester City) bermain melawan tim sehebat itu di setiap musim dan sekarang kami sanggup berdiri di depan," ungkap kapten Manchester City, Vincent Kompany usai timnya memastikan gelar juara Liga Inggris musim ini.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: ESPN

Share    

IDWS Promo