IDWS.ID

Bola Internasional

Gol Dramatis Lucas Moura di Menit 95 Antarkan Tottenham ke Final Liga Champions Pertama Mereka

09 May 2019

Comeback dramatis

IDWS, Kamis, 9 Mei 2019 - Setelah Liverpool mampu membuat keajaiban dengan unggul agregat 4-3 setelah lebih dulu tertinggal 0-3 di leg pertama, laga Ajax Amsterdarm melawan Tottenham Hotspur pada Kamis (9/5/2019) dini hari ini juga menyajikan keajaiban yang tak kalah mendebarkan. Bisa dibilang, Liga Champions musim ini benar-benar mencerminkan kalimat "bola itu bulat, tak ada yang tak mungkin dalam sepakbola."

 

Gol penentu kemenangan Tottenham di menit ke-95 oleh Lucas Moura. (GreatesKooraHD/YouTube)

Ajax sepertinya sudah setengah langkap menuju final. Meski kedua tim saling bertukar serangan di babak pertama, skuad muda Ajax sukses menurunkan moral pemain Tottenham lewat dua gol yang masing-masing dicetak Matthijs de Ligt (5') dan Hakim Ziyech (36'). Skor 2-0 bertahan hingga tutup minum.

De Ligt membuka skor bagi tuan rumah lewat sundulan memanfaatkan sepak pojok Lasse Schone. Sedangkan Ziyech menggandakan keunggulan Ajax dengan assist dari Dusan Tadic.

Tiga peluang emas sebenarnya diperoleh The Spurs pada babak pertama, yang sayangnya kurang bisa dimaksimalkan dengan baik. Tendangan Son Heung-min di menit ke-9 membentur tiang gawang, sedangkan satu peluang Son lainnya dihentikan oleh kiper Andre Onana. Satu peluang dari Christian Erikssen juga gagal menembus kiper Ajax tersebut.

 

 

Tertinggal dua gol, Spurs sadar bahwa mereka tidak boleh membiarkan moral mereka anjlok dan harus segera mengambil inisiatif permainan. Mereka pun langsung melancarkan serangan sejak awal babak kedua. Perjuangan Son dkk tak sia-sia, Lucas Moura membawa Spurs menyamakan kedudukan lewat dua golnya di menit ke-55 memanfaatkan assist Dele Ali dan menit ke-59 saat terjadi kemelut di kotak pinalti Ajax.

Skor 2-2 membuat pertandingan makin panas. Ajax yang sempat memuncak moralnya karena unggul dua gol di babak pertama agaknya sadar mereka terlalu meremehkan lawannya dan mulai kembali ke performa puncak.

Skuad arahan Erik ten Hag ini nyaris kembali unggul ketika sontekan Ziyech di menit ke-79 hanya membentur tiang gawang Tottenham. Meski begitu, Ajax masih di atas angin karena unggul satu gol secara agregat. Spurs kembali mendapat peluang emas ketika tembakan jarak dekat Jan Vertonghen mampu diblok Onana.

 

Pahlawan Tottenham Lucas Moura, yang sukes mencetak hat-trick melawan Ajax, Kamis (9/5/2019) dini hari. (Reuters/Matthew Childs)

Laga terus berjalan hingga memasuki masa injury time. Ajax sepertinya sudah siap merayakan kelolosan mereka ke final Liga Champions musim ini, namun ternyata nasib berkata lain. Dewi Fortuna lebih memihak Tottenham dini hari ini.

Adalah Lucas Moura yang jadi pahlawan bagi tim asal London itu. Gol ketiganya di menit ke-95 akhirnya mewujudkan mimpi Tottenham berlaga di final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Tottenham unggul gol tandang meski secara agregat mereka berimbang 3-3 dengan Ajax, dan akan bertemu melawan Liverpool di partai puncak di Stadion wanda Metropolitano milik Atletico Madrid.

 

Susunan pemain

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lasse Schone, Frenkie de Jong; Hakim Ziyech, Donny van de Beek, Dusan Tadic; Kasper Dolberg.

Tottenham (4-3-1-2): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose; Moussa Sissoko, Victory Wanyama, Christian Eriksen; Dele Alli; Son Heung-min, Lucas Moura.

 

(stefanus/IDWS)

Share    

IDWS Promo