IDWS.ID

Bola Internasional

Review Pertandingan Leg Pertama Babak 8 Besar Liga Champions Eropa 2019

11 Apr 2019

IDWS, Kamis, 11 April 2019 - Liga Champions Eropa telah kembali dan dini hari tadi, Barcelona mengendalikan permainan atas tim tuan rumah Manchester United dan sukses mencuri kemenangan tipis 1-0 di Old Trafford, sedangkan Ajax Amsterdam hanya meraih hasil imbang 1-1 melawan tim tamu Juventus.

Sehari sebelumnya, Liverpool dan Tottenham sukses meraih kemenangan di kandang. Liverpool membungkam FC Porto 2-0 sedangkan Tottenham mengungguli City 1-0.

 

Manchester United 0-1 [Luke Shaw, 12' (OG)] Barcelona

Barcelona memulai laga dengan positif dan langsung menggebrak pertahanan United. Lionel Messi meluncurkan umpan chip dari sisi kanan kotak pinalti United yang langsung disambut Suarez dengan tandukan keras. Bola menyenggol Luke Shaw dan masuk ke gawang timnya sendiri, membuat Barcelona unggul 0-1.

 

 

Sedikit insiden terjadi ketika darah bercucuran dari hidung Messi serta salah satu matanya membengkak akibat berbenturan dengan bek United, Chris Smalling. Untungnya ia masih bisa lanjut bermain.

Barcelona mampu mempertahankan keunggulan mereka hingga wasit meniup peluit panjang, akan tetapi cukup langka melihat pengaruh Messi kurang terasa dalam pertandingan ini karena penjagaan dari Smalling.

 

 

Kini Manchester United harus kembali mewujudkan keajaiban saat membungkam Paris Saint-Germain di Paris pada babak 16 besar Liga Champions jika tak ingin perjalanan mereka di kompetisi kasta tertinggi benua Eropa itu terhenti.

 

Pemain Barcelona Arturo Vidal (kiri) tengah menghadang Ashley Young. (Foto: AP)

"Setelah melihat pertandingan [melawan] PSG, kamu tak perlu memercayai hasil pertandingan, mereka [Manchester United] datang ke Paris dengan hasil yang lebih baik dan lihat apa yang terjadi, klub-klub besar dapat melakukan hal-hal seperti itu, kamu harus berusaha keras," ungkap eks bek United Gerard Pique yang kini membela Barcelona.

 

Ajax [David Neres,46'] 1-1 [Cristiano Ronaldo, 45'] Juventus

Juventus memanggil pulang megabintang Cristiano Ronaldo setelah pemain bernomor punggung 7 itu mengalami cedera saat membela timnas Portugal bulan lalu dan Ronaldo lagi-lagi tak mengecewakan kepercayaan Si Nyonya Tua lewat gol ke-125 di sepanjang karirnya di Liga Champions Eropa.

Setelah 44 menit pertandingan berlangsung kurang greget, Ronaldo mengoper bola ke bek kanan Juve Joao Cancelo dari tengah lapangan sebelum kemudian ia tancap gas ke kotak pinalti Ajax untuk menyambut umpan silang Cancelo dengan sundulan keras yang tak bisa dihadang oleh kiper Ajax Andre Onana.

 

Cristiano Ronaldo kembali menyelamatkan Juventus. (Foto: AFP)

Pelatih Juve Massimiliano Allegri kembali memuji Ronaldo: "Sekali lagi Ronaldo membuktikan dia ada di level yang berbeda, pergerakan dan nalurinya akan timing sederhana saja, sangat berbeda dengan pemain lain."

Tuan rumah menyamakan kedudukan saat babak kedua baru dimulai ketika Cancelo membiarkan Neres memotong masuk dari sisi kiri pertahanan Juve dan menembakkan tendangan menukik yang tak bisa ditangkis kiper Wojciech Szczesny. "Kami menunjukkan bahwa kami adalah tim dengan potensi," ujar bek Ajax berusia 19 tahun Matthijs de Ligt.

 

 

Juve nyaris mencuri kemenangan di menit-menit akhir pertandingan ketika sontekan Douglas Costa mengenai tiang gawang. Juve hanya butuh minimal hasil imbang 0-0 atau kemenangan tipis 2-1 pada leg kedua di Juventus Arena untuk lolos ke babak selanjutnya.

 

Liverpool [Naby Keita, 5', Roberto Firminho, 26'] 2-0 FC Porto

Sehari sebelumnya, Liverpool mendulang kemenangan menyakinkan atas Porto. Tampil di Anfield, The Reds hanya butuh lima menit untuk membuka skor lewat Naby Keita dengan tendangan dari garis luar kotak pinalti yang membentur kaki bek Porto sebelum kemudian melewati penjaga gawang Iket Casillas.

Gol kedua datang pada menit ke-26 ketika Trent Alexander-Arnold mengirim umpan silang mendatar dari dalam kotak pinalti Porto yang dengan mudah dikonversi menjadi gol oleh penyerang Roberto Firminho.

 

 

Liverpool saat ini memuncaki daftar Liga Premier Inggris dengan selisih tipis dua poin dari Manchester City.

 

Tottenham Hotspur [Son Heung-Min, 78'] 1-0 Manchester City

Sementara itu di saat yang sama dengan pertandingan Liverpool melawan FC Porto, Tottenham Hotspur menjamu sesama tim Inggris Manchester City. City memperoleh kesempatan membuka skor di menit ke-12 ketika wasit Bjorn Kuipers menghadiahi tim kaya raya itu dengan tendangan pinalti akibat handball dari bek Tottenham Danny Rose di dalam kotak pinalti. Sayang eksekusi dari Sergio Aguero berhasil ditepis oleh kiper Hugo Lloris.

Adalah bintang asal Korea Selatan Son Heung-Min yang jadi pahlawan pada malam itu. Pemain bernomor punggung 7 itu mencegah bola melewati garis goal kick dari City sebelum kemudian melesakkan tendangan mendatar yang menjebol gawang City di menit ke-78.

 

 

Dalam pertandingan ini, penyerang Tottenham Harry Kane mengalami cedera akibat menghadang Fabian Delph yang mencoba membuang bola, dan harus mengakhiri pertandingan lebih awal.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: news.com.au

Share    

IDWS Promo