IDWS.ID

Bola Internasional

Zinedine Zidane Kembali ke Santiago Bernabeu

12 Mar 2019

IDWS, Selasa, 12 Maret 2019 - Para pendukung Real Madrid bersorak. Meski rentetan hasil buruk menghantui klub kesayangan mereka akhir-akhir ini, ada secercah harapan untuk kembali ke kejayaan. 

Harapan tersebut sudah tidak asing lagi bagi suporter tim berjulukan Los Galacticos tersebut. Ia tak lain adalah Zinedine Zidane yang 10 bulan lalu mengundurkan diri dari jabatan pelatih El Real setelah mengantarkan tim asal ibukota Spanyol itu menjuarai Liga Champions Eropa tiga kali berturut-turut. Ya, Zidane telah kembali ke Santiago Bernabeu!

Kembalinya Zidane diumumkan pada Selasa (12/3/2019) dinihari waktu Indonesia dan menggantikan Santiago Solari yang dipecat. Dalam konferensi pers, presiden Real Madrid Florentino Perez merasa terhormat untuk kembali memperkenalkan eks pemain Juventus dan Real Madrid itu sebagai pelatih baru Real Madrid.

 

 

"Semangat untuk Real Madrid telah membawa anda (Zidane) kembali ke sini. Takdir membuat anda dan Real Madrid dipersatukan kembali," ungkap Perez. "Pelatih terbaik di dunia telah kembali ke Real Madrid. Para fans sangat bangga melihat anda kembali. Terima kasih atas kesetiaan anda kepada Real Madrid sebagai pemain dan pelatih. Sekali lagi terima kasih dan selamat datang kembali, Zidane." 

Zidane mengundurkan diri dari kursi pelatih tim utama Real Madrid pada Mei 2018 setelah mengantarkan Madrid meraih trofi Liga Champions Eropa untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Sejak kepergian Zidane, masalah demi masalah tak pernah berhenti menghinggapi Madrid. Yang pertama adalah kepergian mengejutkan megabintang Cristiano Ronaldo ke Juventus. Lebih menyesakkan lagi, performa Ronaldo di Allianz Stadium tetap ciamik seperti biasanya, membuat suporer Madrid sangat menyayangkan kepergian CR7. 

Kemudian pengganti Zidane, Julen Lopetegui hanya mampu bertahan selama 120 hari di Santiago Bernabeu sebelum dipecat setelah Madrid dipermalukan rival abadinya Barcelona 5-1 di Camp Nou pada akhir Oktober 2018. Eks pemain Madrid asal Argentina, Santiago Solari, ditunjuk untuk mengisi kekosongan kursi pelatih. Alih-alih mengembalikan performa, banyak pemain Madrid yang tak betah dan memilih hengkan di bawah kepemimpinannya. 

Isco Alcaron, Gareth Bale, Marcelo hingga kapten Sergio Ramos adalah empat pemain bintang Real Madrid yang kerap diberitakan terlibat perang dingin dengan Solari. Kesabaran Perez kepada Solari habis ketika Madrid yang sudah mengantongi kemenangan 1-2 dalam leg pertama Liga Champions Eropa melawan Ajax Amsterdam, justru dicukur 1-4 pada leg kedua di kandang sendiri. Akibatnya Real Madrid pun gagal lolos ke babak selanjutnya.

Untuk masa jabatan keduanya ini, Zidane dikontrak selama tiga tahun, hingga Juni 2022. Tugas pertamanya kali ini adalah membawa Real Madrid finis setinggi mungkin di La Liga Spanyol. 

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: KOMPAS.com

Share    

IDWS Promo