IDWS.ID

Bola Internasional

Tubuh Yang Diangkat dari Bangkai Pesawat Piper Malibu Resmi Dikonfirmasikan Sebagai Emiliano Sala

08 Feb 2019

IDWS, Jumat, 8 Februari 2019 - Jasad yang diangkat dari bangkai pesawat Piper Malibu yang terjatuh di Selat Inggris resmi diidentifikasi sebagai pesepakbola Cardiff City Emiliano Sala, dilansir dari The Guardian.

Pesawat Piper Malibu yang dipiloti oleh pilot David Ibbotson tersebut menghilang pada 21 Januari dalam perjalanan dari Nantes ke Cardiff.

Jenazah yang dibawa ke Pelabuhan Portland telah diidentifikasikan secara resmi oleh HM Koroner dari Dorset sebai pemain sepakbola profesional Emiliano Sala Keluarga dari Mr. Sala dan pilot David Ibbotson telah memperoleh update dari berita ini dan  akan terus didukung oleh petugas penghubung yang terlatih secara khusus. — Kepolisian Dorset, dilansir dari The Guardian.

Cardiff sebagai klub resmi Sala membuat sebuah pernyataan terkait berita duka tersebut: "Kami turut bersimpati dan menuturkan bela sungkawa kami kepada keluarga Emiliano (Sala). Ia dan David akan selalu kami ingat."

Bangkai pesawat Piper Malibu N264DB yang membawa kedua pria itu ditemukan di dasar laut dekat Kepulauan Channel pada hari Minggu (4/2/2019) dan investigator menuturkan bahwa mereka melihat sesosok mayat di dalamnya.

Usaha untuk mengangkat jenazah tersebut sempat menghadapi kendala cuaca buruk. Pada Kamis (7/2/2019) waktu setempat, jenazah itu berhasil diangkat dan setelah dibawa ke Pelabuhan Portland di Dorset oleh kapal Geo Ocean III, polisi mengonfirmasi bahwa jenazah tersebut memang milik Sala.

 

Penyerang asal Argentina Emiliano Sala. (Foto: BleacherReportFootball/Facebook)

Sala belum lama lalu resmi bergabung dengan klub Liga Primer Inggris Cardiff City dari klub Ligue 1 Prancis Nantes. Ia hendak menuju ke Cardiff, Wales setelah melakukan perpisahan dengan teman-temannya di Nantes ketika kecelakaan itu terjadi. Ia bahkan belum sempat berlatih ataupun bermain untuk Cardiff.

Pada hari jasad Sala berhasil diangkat, Kepolisian Dorset menyatakan bahwa koroner akan terus menginvestigasi kematian Sala. Air Accident Investigation Branch (AAIB) juga mengatakan mereka memutuskan tidak akan mengangkat bangkai pesawat Piper Malibu.

Sayangnya, usaha-usaha untuk mengangkat bangkai pesawat gagal karena buruknya kondisi cuaca yang memaksa kami mengembalikan ROV (kendaraan kendali jarak jauh) ke kapal. Ramalan cuaca menunjukkan cuaca buruk ke depannya dan keputusan sulit pun telah diambil untuk menutup operasi (pengangkatan pesawat) ini.

AAIB menambahkan bahwa operasi pengangkatan jenazah Emiliano Sala dilakukan secara bermartabat dalam kondisi cuaca yang menantang. Meski bangkai pesawat tak jadi diangkat dari dasar laut, rekaman video ekstensif yang direkam oleh ROV diharapkan dapat memberi bukti-bukti berharga untuk investigasi.

Sementara ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai ditemukannya jenazah Ibbotson dan nasibnya masih teka-teki, meski kemungkinan ia selamat sangat kecil.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: The Guardian

Share    

IDWS Promo