IDWS.ID

Bola Internasional

Piala Dunia 2018: Penghargaan Untuk Para Pemain Yang Bersinar

16 Jul 2018

Piala Dunia 2018 Rusia telah berakhir pada hari Minggu, 15 Juli 2018 kemarin setelah 32 hari penuh pergolakan dan momen-momen tak terlupakan. Prancis ditasbihkan sebagai juara dunia setelah mengalahkan Kroasia 4-2 pada laga final di Moscow, Rusia, kemarin malam. Turnamen olahraga terbesar di dunia -- bersanding dengan Olimpiade -- ini menghasilkan 169 gol dan menjadi salah satu Piala Dunia dengan jumlah gol terbanyak dalam sejarah. 

Piala Dunia Rusia 2018 memiliki momen-momen naik turunnya sendiri seperti kepulangan awal dua megabintang Leo Messi dan Cristiano Ronaldo, namun juga menyuguhkan momen mengejutkan seperti Inggris dan Belgia yang sanggup mencapai semifinal serta Kroasia yang tak diunggulkan, mampu menjadi runner-up.

Tak lupa tentunya, Piala Dunia kali ini menjadi ajang bersinarnya beberapa individu yang layak diganjar dengan penghargaan setimpal. Yuk kita lihat, siapa saya individu-individu yang tebar pesona di Piala Dunia 2018 Rusia!!! 

 

Luka Modric & Kylian Mbappe. Foto: Reuters

 

Golden Ball Award - Luka Modric [Kroasia]

Gelandang superstar yang membela Real Madrid ini meraih predikat pemain terbaik sepanjang turnamen, menjadi jantung dan roh dari Kroasia yang awalnya tak diunggulkan serta kurang berprestasi dalam sejarah Piala Dunia hingga mencapai laga final sebelum ditundukkan tim kuat Prancis.  Kompetitor terdekatnya untuk mendapatkan si Bola Emas tak lain adalah sayap flamboyan Prancis yang sedang naik daun, Kylian Mbappe dan segelintir pemain lain.

Namun Modric lah yang paling lengkap. Baik dalam bertahan, membagi bola, mengatur serangan, dan mengancam gawang lawan. Ia juga merupakan pemain paling konsisten jika kita melihat fakta bahwa dialah pemain dengan menit bermain paling banyak (694 menit) dibandingkan pemain lain sepanjang turnamen. Ia bahkan bermain lebih lama dari pada kiper Inggris Jordan Pickford di posisi kedua dengan 690 menit. Berkat fakta-fakta tersebut, maka Modric memang berhak membawa pulang penghargaan Golden Ball kali ini. 

 

 

FIFA Young Player Award - Kylian Mbappe [Prancis]

Tak ayal lagi, penghargaan sebagai pemain muda terbaik pada Piala Dunia kali ini tak bisa diberikan kepada pemain lain selain Kylian Mbappe. Remaja berusia 19 tahun yang membela Paris Saint-Gemain ini mengoleksi total 4 gol sepanjang turnamen, termasuk 1 gol di laga final dan 3 gol di fase knockout. Ia kini memiliki masa depan cerah dengan predikat wonderkid terbaik di dunia. Semua pertanda menunjukkan ia akan meraih Ballon d'Or dalam beberapa tahun ke depan. 

 

 

Golden Boot Award - Harry Kane [Inggris]

Ia memang sejatinya bukanlah striker terbaik sepanjang turnamen. Namun ia mengakhiri Piala Dunia 2018 dengan 6 gol, terbanyak dibandingkan pemain lain. 3 gol diantaranya ia cetak melalui titik putih. Tak ada pemain yang berlaga di Piala Dunia Rusia kali ini mencetak gol lebih banyak darinya, dan fakta tersebut tak terbantahkan. Merupakan suatu kehormatan bagi pemain 24 tahun tersebut, setidaknya ia mengangkat nama Inggris lebih tinggi lagi dengan penghargaan sepatu emas ini. 

 

 

Golden Glove Award - Thibaut Courtois [Belgia]

Terpilih sebagai kiper terbaik sepanjang perhelatan Piala Dunia 2018, Courtois hanyak kebobolan 6 gol dari 7 pertandingan, mengantarkan Belgia menduduki peringkat ketiga yang merupakan prestasi terbaik Belgia di Piala Dunia. Sebagian besar alasan kenapa ia kebobolan hingga 6 gol adalah karena pelatih Belgia, Roberto Martinez hanya memasang tiga bek tengah saja di lini belakang, menambah tanggung jawab Courtois. Namun Kiper Chelsea ini menjawab kepercayaan yang dibebankan padanya dengan membuat penyelamatan-penyelamatan gemilang, terlebih lagi dalam laga melawan Brazil dan superstar Neymar. 

 

Dengan diberikannya penghargaan-penghargaan di atas, Piala Dunia 2018 Rusia bisa dibilang benar-benar sudah usai. Dengan banyak cerita baik sedih maupun suka, tentunya kita sebagai penggemar sepakbola tak akan pernah lupa!!! Sampai jumpa di Piala Dunia empat tahun lagi, salam olahraga!!! 

______________________________________________

Share    

Hot Article

IDWS Promo

IDWS Event