IDWS.ID

Bola Internasional

Gol Toni Kroos di Menit 94 Menjaga Asa Jerman Mempertahankan Juara Dunia

24 Jun 2018

Jerman berangkat ke Rusia dengan status juara bertahan seiring dengan kesuksesan mereka di Piala Dunia Brazil empat tahun lalu. Agaknya julukan tim diesel masih belum bisa lepas dari timnas Jerman. Setelah kalah 1-0 dari Meksiko pada pertandingan pertama mereka di Piala Dunia 2018, 'mesin' mereka baru panas dan kemudian secara dramatis mengalahkan Swedia dengan skor 2-1 pada dinihari tadi. 

 

 

Tim besutan Joachim Low ini memulai turnamen dengan hasil mengecewakan setelah dikalahkan Meksiko 1-0, dan dengan hasil pertandingan lain di Grup F membuat Die Nationalmannschaft menyambut laga melawan Swedia dengan kesadaran bahwa mereka akan pulang cepat jika kembali menelan kekalahan. 

Jerman memulai pertandingan dengan cukup gemilang. Namun gelandang Sebastian Rudy terpaksa keluar pada menit ke-31 setelah hidungnya berdarah karena terkena kaki dari pemain Swedia. Lalu Swedia mulai mengimbangi setelah sebuah blunder dari Toni Kroos. 

 

 

Gelandang Real Madrid ini dengan ceroboh memberikan penguasaan bola di setengah lapangan Jerman, dan Swedia memanfaatkan peluang tersebut dengan sebuah tendangan lob indah dari Ola Toivonen pada menit ke-32 melewati kiper Jerman Manuel Neuer yang agaknya tak bisa bereaksi apa-apa. 

 

 

Swedia belum pernah mengalahkan Jerman pada pertandingan resmi sejak tahun 1958, namun dengan gol Toivonen tersebut mereka tampaknya semakin percaya diri melawan lini pertahanan Jerman yang terkesan lamban dan terlihat nervous. 

Akan tetapi Jerman agaknya mulai 'panas' setelah istirahat jelang babak kedua. Pelatih Joachim Low menggantikan gelandang serang Julian Draxler dengan striker Mario Gomez, menunjukkan betapa mereka ingin terus mengejar gol. Terbukti baru tiga menit babak kedua berjalan, Marco Reus memanfaatkan umpan silang Timo Werner untuk menjebol gawang Swedia. 

 

 

Jerman masih terus menekan Swedia setelah gol penyama kedudukan Reus, namun kartu kuning kedua yang diterima Jerome Boateng dalam pertandingan tersebut membuat sang juara bertahan kewalahan untuk melanjutkan dominasinya. 

 

 

Tendangan Julian Brandt mengenai tiang gawang pada masa injury time, dan pada akhirnya Toni Kroos berhasil menebus kesalahannya di babak pertama dengan sebuah tendangan bebas kelas dunia pada menit ke-94. 

 

 

Hasil ini membawa Jerman melewati Swedia di grup, dan sang juara bertahan pun masih memiliki harapan untuk mempertahankan gelarnya. 

Share    

IDWS Promo

IDWS Event