IDWS.ID

Bola Internasional

Wasit Sepakbola Punya Kartu Selain Kartu Kuning dan Merah!

10 Sep 2015

Dalam olahraga sepak bola biasanya wasit selalu membawa dua kartu kalau ada pemain yang melakukan pelanggaran. Kartu itu berupa kartu berwarna kuning dan merah. Biasanya wasit akan mengeluarkan kartu kuning sebagai peringatan,sedangkan kartu merah untuk mengeluarkan langsung pemain dari lapangan.

Tapi sekarang ada warna baru yang akan dibawa wasit. Warna apa itu? Warna Hijau. Seperti lampu lalu lintas, Merah, Kuning dan Hijau. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda. Penerapan kartu warna hijau uiini akan dilangsungkan pada Liga Italia Seri-B. 

Kartu hijau ini jelas berbeda dengan kartu merah dan kuning. Biasanya keduanya digunakan sebagai hukuman, tapi kalau kartu hijau ini justru digunakan untuk tanda penghargaan. Inisiatif itu telah diuji pada kompetisi yunior Italia, dan untuk kali pertama akan dimulai pada sepak bola profesional ketika Serie-B dimulai pada akhir pekan ini.

Nantinya wasit hanya akan mengeluarkan kartu hijau ini untuk pemain yang bersifat sportif selama pertandingan sepak bola berlangsung. Pada akhir musim, kartu-kartu hijau akan dihitung, dan pemain paling sportif akan mendapat penghargaan yang bentuknya sampai saat ini belum ditentukan.

Kartu Hijau ini terbukti mampu mencegah para pemain untuk melakuakn tindakan curang di lapangan. Konsep kartu ini juga bakal cepat ditiru di negara lain, tanpa terkecuali untuk salah satu liga paling tersohor dunia yaitu Liga Premier inggris.

 

 
Share    

IDWS Promo

IDWS Event