IDWS.ID

Sejarah dan Budaya

Seorang Gadis 8 Tahun Dijuluki Ratu Swedia yang Baru karena Menemukan Pedang Kuno di Sebuah Danau

10 Oct 2018

IDWS, Rabu, 10 Oktober 2018 - Seorang gadis blasteran Swedia-Amerika berusia 8 tahun bernama Saga Vanecek menemukan sebilah pedang kuno sebelum era Viking di Danau Vidostern, Swedia. Gadis itu menemukan pedang tersebut saat berlibur bersama keluarganya pada musim panas tahun ini.

 

Saga Vanecek yang dijuluki Ratu Swedia yang baru oleh penduduk Jonkoping setelah menemukan sebuah pedang kuno di Danau Vidostern. Sumber: wlky.com

Ia dan keluarganya tengah berlibur di rumah peristirahatan keluarganya di daerah Jonkoping. Pedang yang ia temukan pada awalnya dilaporkan berusia setidaknya 1,000 tahun. Namun kemudian para ahli dari museum setempat percaya bahwa pedang tersebut telah berusia setidaknya 1,500 tahun.

"Tidak setiap hari kita menemukan sebilah pedang di danau!" tutur Mikael Nodrstorm, ahli dari museum lokal Jonkopings Lans Museum.

Tingkat ketinggian air danau saat itu sangat rendah, yang sebagian besar disebabkan oleh kekeringan. Mungkin karena itulah Saga bisa menemukan pedang kuno tersebut.

"Aku merasakan sesuatu di dalam air lalu mencoba mengangkatnya. Lalu ada gagang pada benda itu dan aku pun memberitahu ayahku bahwa benda itu terlihat seperti sebuah pedang," cerita Saga kepada penyiar dari stasiun TV Sveriges.

 

Pedang kuno yang ditemukan Saga dan dipercaya berusia 1,500 tahun. Foto: Jonkopings Lans Museum

Ayah Saga, Andy Vanecek mengatakan kepada The Local bahwa awalnya ia mengira putrinya menemukan tongkat atau ranting yang tidak biasa di dalam air. Baru setelah ia meminta kepada seorang temannya untuk melihat lebih dekat, ia mengetahui bahwa apa yang ditemukan putrinya tersebut kemungkinan besar adalah sebuah pedang kuno bersejarah.

Museum lokal tempat dimana pedang tersebut sekarang disimpan, mengatakan bahwa pedang kuno tersebut berada dalam keadaan yang baik untuk pedang berusia 1,500 tahun.

Penemuan Saga tersebut mendorong pihak museum dan kotapraja setempat untuk melakukan penggalian di situs tersebut, dan sejauh ini berhasil menemukan sebuah bros peninggalan abad ke-3.

 

Danau Vidostern tempat Saga menemukan pedang kuno tersebut. Foto: BBC

Lucunya, penduduk setempat bergurau akan penemuan Saga tersebut dan menyebutnya "Ratu Swedia" yang baru, mengaitkan kisah gadis itu dengan legenda King Arthur yang mendapat hak untuk berkuasa atas kerajaan Britania setelah dipasrahi oleh pedang Excalibur oleh Lady of the Lake (Peri Danau). (Stefanus/IDWS)


Sumber: BCC, wlky

Share    

IDWS Promo

IDWS Event