IDWS.ID

Sejarah dan Budaya

Para Cosplayer-Cosplayer Keren Dari Comiket 94!

14 Aug 2018

Comiket (Comic Market) edisi ke-94 tahun ini telat berakhir pada tanggal 12 Agustus lalu. Event doujinshi terbesar di dunia ini telah menjadi surga bagi para otaku manga atau novel Jepang dari seluruh dunia.

Mengenal lebih dekat akan Comiket, doujinshi (??? / Dojinshiialah istilah dalam bahasa Jepang untuk menyebut majalah, manga atau novel yang dipublikasikan sendiri oleh kreatornya alias secara indie. Comic Market alias Comiket sendiri adalah pameran doujinshi terbesar di dunia yang diadakan dua kali dalam setahun di Tokyo, Jepang. Comiket pertama kali diadakan pada tanggal 21 Desember 1975 dengan hanya 32 circle (grup berisi orang-orang dengan profesi atau hobi yang sama) sebagai partisipan dan perkiraan pengunjung hanya mencapai 700 orang. Seiring dengan perkembangna zaman, Comiket pada era modern ini bisa menarik pengunjung mencapai lebih dari setengah juta orang. 

Comiket bisa dibilang unik karena para circle partisipan semuanya (atau nyaris semua) berpartisipasi secara indie. Pernak-pernik, merchandise atau doujinshi yang dijual di Comiket bisa dibilang merupakan barang langka karena jumlahnya yang terbatas serta sering kali hanya dijual saat Comiket berlangsung, membuat harganya melambung tinggi mencapai 10 kali lipat saat dijual di via online. Pada beberapa kasus tertentu, harga barang bisa mencapai 100 kali lipat dari harga saat dijual di Comiket! 

Kelangsungan event Comiket sekarang ini merupakan tanggung jawab dari ComiketPC (Comic Market Preparatory Commitee). 

Nah, bicara tentang Comiket tentu tak lengkap tanpa membahas cosplay! Kultur khas Jepang di mana orang berusaha tampil semirip mungkin dengan tokoh-tokoh yang pada umumnya berasal dari anime-anime atau film Jepang, baik secara penampilan maupun gaya dan perilaku. Pada Comiket 94 lalu, cosplayer membludaki Tokyo Big Sight, venue dari Comiket gelombang pertama tahun ini. Meskipun saat ini Jepang sedang didera cuaca terik menyengat dan suhu tinggi yang bahkan mengakibatkan beberapa orang meninggal serta banyak yang pingsan, para cosplayer tetap bertahan demi passion mereka akan cosplay yang begitu dalam. 

Tampak berseliweran tokoh-tokoh dari anime-anime terkenal mulai dari Fate/ Series, Touhou, Re; Zero hingga Cells at Work yang saat ini lagi booming. Indowebster sudah membuat kompilasi foto-foto cosplayer tersebut! Yuk, kita lihat para cosplayer yang berjuang melawan panas untuk memeriahkan Comiket 94 ini! Ada yang bisa kalian tebak karakternya atau minimal dari film apa?


Klik gambar untuk memperbesar ukuran


 

 

 

 

 

 

 

 


 

Share    

IDWS Promo

IDWS Event