IDWS.ID

Sejarah dan Budaya

 Breaking News

Menyusuri Terowongan Es Terbesar di Islandia

01 Aug 2016

Islandia mempunyai terowongan es terbesar buatan manusia. Pada tahun 2015 lalu, terowongan itu digali di salah satu gletser terbesar di Islandia yakni Langjokull. Jaringan terowongan dan gua ini membentang sejauh 550 meter ke dalam gletser es padat. Terowongan itu berada 30 meter dari permukaan dan menjadi bangunan es terbesar buatan manusia.

 

Seperti dikutip dari Amusing Planet, proyek tersebut didukung oleh grup Icelandir dan dana pensiun. Para pengunjung diajak untuk mendapatkan pengalaman langka melihat bagaimana salju perlahan menumpuk dan menjadi gletser.

Terowongan itu diberi nama "Into The Glacier" oleh dua pencetus proyek tersebut yakni Baldvin Einarsson dan Hallgrimur Orn Arngrimsson. Para pegiat petualangan itu ingin mengajak para pengunjung untuk melihat es biru yang terkubur dalam.

 

Pekerjaan proyek itu dimulai pada tahun 2010 hingga 2015. 1 Juni 2015 merupakan hari pertama terowongan itu dibuka untuk publik. Tidak hanya menjadi destinasi wisata, terowongan itu juga digunakan untuk para peneliti melihat pergerakan es dari waktu ke waktu.

Perjalanan menuju terowongan es itu dimulai dengan mengendarai truk raksasa menuju gerbang gua. Dari sana, para pengunjung harus berjalan kaku selama satu jam dan menjelajahi terowongan. Di dalam terowongan pengunjung juga akan diberikan edukasi mengenai gletser dan efek pemanasan global. Sebuah ruangan pun disediakan jika ada pasangan yang ingin menikah di terowongan es tersebut.

 

Untuk dapat melihat apa yang ada di dalamnya, dalam terowongan ini sudah dilengkapi dengan lampu LED yang ada di sepanjang jalan terowongan. Kenapa menggunakan lampu LED, karena LED menghasilkan lebih sedikit panas dan juga mengurangi sedikit efek claustrophobia yaitu penyakit ketakutan terhadap tempat-tempat sempit yang mungkin ada dalam diri seseorang.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th