IDWS.ID

Sejarah dan Budaya

 Breaking News

Hari Minggu Ditetapkan Sebagai Hari Libur Bukan Kemauan Indonesia?

14 Jan 2016

Tahukan kamu alasan mengapa hari Minggu di Indonesia ditentukan sebagai hari libur? Ternyata di balik hari Minggu itu ada sejarahnya yang menarik untuk kamu ketahui.

Ternyata hari libur di dunia ini tidak semuanya tepat pada hari Minggu, contohnya di negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, hari Jumat dipilih sebagai hari libur. 

Berbeda dengan Indonesia yang menetapkan hari Minggu sebagai hari libur, tapi Jumat menjadi pilihan hari libur untuk negara Timur. Hal ini, karena hari Jumat dianggap sebagai hari baiknya bagi umat Muslim untuk beribadah. Masyarakat Arab yang mayoritas beragama Muslim, memiliki hari libur beraktivitas khusus untuk hari Jumat, dan mereka menjadikan hari libur (Jumat) itu sebagai waktu untuk melakukan salat Jumat dan ibadah lainnya secara total.

Tapi, berbeda lagi dengan bangsa Yahudi Israel. Mereka menetapkan hari libur bertepatan pada hari Sabtu. Hal ini mereka pilih, karena hari Sabtu mereka jadikan sebagai hari ibadah bagi mereka.

Nah, sekarang kita beralih ke Indonesia, mengapa Indonesia memilih hari Minggu dijadikan hari libur tiap pekan? 

Sebenarnya bukan hanya Indonesia yang memiih hari Minggu untuk dijadikan hari libur tiap pekan, tapi ini juga menjadi pilihan beberapa negara di dunia. Sejarahnya itu berawal dari masa Romawi. 

Pada masa Romawi, pusat bangsa Romawi itu terletak di Italia. Romawi Kuno dahulunya merupakan bangsa yang menguasai negara-negara Eropa. Negara yang mereka kuasai diantaranya Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan lainnya. Nah, inilah yang membuat bangsa Romawi Kuno sudah memilki keyakinan bahwa untuk menjadikan hari Minggu sebagai hari yang baik untuk beribadah. Dan mulai hari minggu itulah mereka memutuskan untuk meliburkan segala aktivitas.

Bangsa Romawi juga selalu memberikan tanda untuk menandai hari penting dan hari Minggu dnegan menggunakan warna merah. Pengaruh inilah yang akhirnya menyebar ke wilayah kekuasaan bangsa Romawi tadi. Salah satunya yaitu pada negara Belanda. 

Kamu tentunya tahu Indonesia sudah di jajah Belanda berabad-abad tahun lamanya. Inilah yang dibawa Belanda ke Indonesia, yaitu dengan membawa pengaruh bangsa Romawi yang diterapkan ke Belanda, Belanda pun menaruh peraturan yang sama ke Indonesia. Dengan menetapkan hari Minggu sebagai hari libur bagi para pekerja Indonesia untuk beraktivitas. Nah, itulah alasannya mengapa di Indonesia menjadikan tradisi libur di hari Minggu terus dipertahankan dan berlaku hingga kini.

 
Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th