IDWS.ID

Sejarah dan Budaya

 Breaking News

Ternyata Warna Wortel yang Sebenarnya Bukan Oranye!

03 Jan 2016

Sayuran yang dikenal mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata ini ternyata memiliki rahasia menarik di balik warna yang dia miliki. Bukan hanya vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium. Hal inilah yang membuat masyarakat mengincar sayuran ini untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tapi, tahukah kamu warna sebenarnya wortel yang berwarna oranye itu ternyata itu bukan warna asli wortel loh! Jadi warna aslinya warna apa?

Disinyalir idws dari Foodbeast, wortel yang memiliki warna yang identik oranye itu ternyata sengaja dibuat ?berdasarkan warna favorit keluarga kerajaan Belanda, dinasti Orange-Nassau. Wortel sudah dikenal manusia sejak ribuan tahun. Sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan itu berasal dari Timur Tengah dan diperkenalkan ke Eropa pada abad pertengahan. Uniknya, awalnya wortel ada di dunia ini bukan berwarna oranye melainkan putih dan ungu.

Sejak abad ke 17, warna oranye menjadi warna yang khas pada wortel. Warna ini dibuat, karena dinasti Orange-Nassau, khususnya William I yang dijuluki Prince of Orange. Nah, selama masa pemerintahan William terjadi pemberontakan yang menyebabkan William turun tahta, tapi usai dua dekade masa penjajahan, mereka melakukan pemberontakan yang akhirnya sukses membuat William kembali memimpin. Pada masa inilah dikenal dengan sebutan Eighty Years' War (1568-1648).

Saat itu sebagai tanda dalam pemerintahan Orange-Nassau yang baru dan merayakan kebebasan Belanda dari belenggu Spanyol, wortel berwarna oranye sengaja dibiakkan. Wortel ini kemudian dibawa ke Inggris dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Nah, jadi bagaimana awal perubahan warna yang tadinya ungu menjadi oranye tersebut?

Team idws akan memberikan susunan tranformasi warna wortel dari warna ungu menjadi oranye, sebagai berikut:

 
Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th