IDWS.ID

Pendidikan

 Breaking News

Perayaan Kelulusan SMA di Berbagai Negara

19 May 2016

Lulus SMA sudah pasti bikin senang dan bahagia yang tidak terkira. Sebab itu tidak heran jika anak SMA merayakan kelulusan selalu heboh. Mulai dari mencoret-coret baju sekolah atau membuat bingkisan untuk disumbangkan ke panti asuhan dan anak yatim, ada juga yang lempar-lemparan tepung seperti merayakan ulang tahun teman. Pasalnya acara-acara tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi di beberapa negara ada yang lebih heboh dibandingkan Indonesia.

 

Ada beberapa negara yang punya tradisi merayakan kelulusan dengan cara yang unik. Sebagian dari negara tersebut masih memehang adat istiadat dan tradisi yang sudah turun temurun. Mereka tidak merasa ketinggalan jaman meski merayakan kelulusan dengan adat istiadat lama. Bahkan mereka yang merayakan kelulusan dengan adat istiadat lama merasa bangga, karena bisa menjadi bagian dari anak-anak yang melestarikan budaya negaranya. Nah, berikut cara perayaan kelelusan SMA di negara lain, seperti yang dilansir dari Traxima.com dan Lobot

 

1. Student Mossa Dari Swedia

Swedia dikenal sebagai negara yang hidupnya sudah teratur. Perayaan kelulusan SMA pun benar-benar diatur dan tidak sembarangan. Perayaan kelulusan ini dinamakan 'Student Mossa'. Acaranya cukup formal, karena siswa siswi yang lulus diharuskan memakai baju formal dan topi pelaut berwarna putih. Mereka wajib foto bersama keluarga, kemudian dilanjutkan dengan keliling kota menggunakan truk atau traktor. Biasanya jalanan penuh dengan sebagian warga yang ikut menyambut sambil melepaskan balon.

 

2. Lepas Kancing Dari Jepang

Pelajar Pria di Jepang biasanya mencopot dua kancing baju paling atas dari seragam sekolah untuk merayakan kelulusannya. Kancing baju tersebut diberikan untuk adik kelas yang di senangi. Dua kancing paling atas yang dicopot itu menjadi simbol cinta, karena letaknya dekat dengan hati. Bukan hanya pelajar pria yang bisa memberikan kancingnya, pelajar wanita juga boleh meminta kancing dari cowok yang di senangi juga.

 

3. Pesta Mobil Dari Norwegia

Di Norwegia perayaan lulus SMA diadakan sejak 1 Mei sampa 17 Mei setiap tahun, hal ini dilakukan supaya bersamaan dengan Hari Konstitusi Norwegia. Biasanya puncak perayaan pada tanggal 16 Mei malam, siswa siswi yang baru lulus wajib menggunakan celana panjang dan topi merah lalu naik mobil bersama-sama. Di dalam mobil mereka membuat pesta menyanyi disertai makan dan minum. Keesokan pagi mereka kumpul bersama warga yang lain untuk merayakan Hari Konstitusi Norwegia.

 

4. Bel Terakhir Dari Rusia

Bel terakhir biasanya diadakan pas akhir Mei bersamaan dengan hari terakhir tahun ajaran. Jadi, pada waktu bel terakhir berbunyi, mereka langsung bersuka cita. Sebab itu, perayaan lulusan tersebut di sebut 'The Last Bell'. Pelajar Wanita menggunakan gaun hitam dilengkapi dengan celemek warna putih. Pakaian tersebut dimaksudkan untuk menghormati seragam sekolah mereka supaya tidak kotor. Mereka berbaris di halaman sekolah, kemudian dilanjutkan dengan acara bebas hingga mandi ramai-ramai di air mancur sekolah.

 

5. Berbagi Bingkisan Dari Yogyakarta

Siswa siswi di Yogyakarta memang sangat keren. Karena untuk merayakan kelulusan SMA, mereka berbagi bingkisan untuk orang-orang yang kurang mampu. Isi bingkisan pun bermacam-macam, mulai dari nasi kotak dan air mineral, baju, dan lain sebagainya. Sekolah yang merayakan kelulusan dengan cara seperti itu antara lain, SMA Negeri 3 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 1 Sragen, SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, dan beberapa sekolah Muhammadiyah lainnya. Cara seperti ini sangat bagus untuk di contoh siswa siswi di SMA atau SMK lain.

 

Sumber: http://forum.idws.id

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th