IDWS.ID

Pendidikan

SD Tidak Laksanakan UN, Tapi US

19 May 2015

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kabalitbang Kemendikbud) membuat peraturan berdasarakan Kabalitbang Kemdikbud No.9/H/HK/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah SD/MI, SDLB dan Paket A. Kementerian Pendidikan Nasional diketahui telah mengganti Ujian Nasional (UN) tingkat SD dengan Ujian Sekolah (US). Namun hasil itu tidak menjadi penentu kelulusan pelajar.

Untuk kelulusan ditentukan oleh kehadiran siswa dari kelas satu hingga enam dan memperoleh nilai baik untuk seluruh mata pelajaran dan muatan lokal. Penyelenggaraan US tingkat SD bertujuan untuk membandingkan raihan belajar antardaerah.





Dari materi soal US SD, Kemendikbud hanya memberikan 25 persen dan sisanya berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi. Kemdikbud wajib menetapkan kisi-kisi soal untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan Pendidikan Kewarganegaraan.


Mulai 17 Mei 2015 sampai 20 Mei US tingkat SD diselenggarakan disemua provinsi Indonesia, US SD menyangkut mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, agama, PPKN, Bahasa Inggris, dan muatan lokal.

  

Share    

Hot Article

IDWS Promo

IDWS Event