IDWS.ID

Bisnis

Garuda Indonesia Rekrut Dua Pilot Wanita Pertama Asal Papua

01 Aug 2019

IDWS, Kamis, 1 Agustus 2019 - Maskapai Garuda Indonesia menorehkan catatan baru dalam sejarahnya dengan merekrut dua pilot wanita pertama asal Papua. Kedua pilot tersebut sekaligus menjadi angkatan pertama rekrutmen pilot asal Papua yang bergabung dengan Garuda Indonesia Group.

Vanda Astri Korisano dan Martha Itaar, nama kedua pilot wanita itu. Keduanya sama-sama lulusan Nelson Aviation College di Selandia Baru. Sebelumnya mereka mengambil standarisasi Indonesia DGCA License atau surat izin terbang dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara di Ganesa Flight Academy, Jakarta.

 

Vanda Astri Korisano (tengah), salah satu dari dua pilot wanita asal Papua pertama yang direkrut Garuda Indonesia. (Dok. Garuda Indonesia)

Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Akshara, perekrutan Vanda Astri Korisano dan Martha Itaar merupakan perwujudan akan komitmen Garuda Indonesia dalam memberi kesempatan seluas mungkin kepada putra-putri daerah berprestasi untuk mengembangkan karier di Garuda Indonesia Group, dilansir dari Kompas.com.

Ia juga berharap agar kesuksesan Vanda dan Martha dapat menarik lebih banyak lagi putra-putri Papua ke Garuda Indonesia.

 

Vanda Astri Korisano dan Martha Itaar (kanan), dua pilot wanita angkata pertama rekrutmen pilot asal Papua yang bergabung dengan Garuda Indonesia Group. (Kompas.com)

Martha nantinya akan menempuh pendidikan pilot untuk ditempatkan di Citilink Indonesia, sedangkan Vanda akan mengikuti pendidikan pilot di Garuda Indonesia Training Center (GITC) pada awal Agustus ini, dan diproyeksikan mengambil rating tipe pesawat Boeing 737-800 NG.

Keduanya masih akan menjalani pendidikan pilot selama kurang lebih 6 bulan lagi sebelum kemudian dilanjutkan dengan flight training.

Pastinya keduanya diterima bukan karena berasal dari Papua, namun juga karena keduanya mampu membuktikan diri lolos proses rekrutmen pilot Garuda Indonesia yang memiliki standar requirement cukup tinggi, menunjukkan putra-putri daerah juga memiliki daya saing unggul.

Garuda Indonesia sendiri memiliki sekitar 30 pilot wanita. Maskapai pelat merah ini pernah menggelar Kartini Flight pada tahun lalu yang bertepatan dengan Hari Kartini, di mana seluruh awak kabin termasuk pilot adalah wanita.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo