IDWS.ID

Bisnis

Duo Pendiri Instagram Mengundurkan Diri Karena Mark Zuckerberg

25 Sep 2018

IDGS - Frustasi dengan Facebook, duo pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengundurkan diri dari perusahaan sosial media raksasa tersebut pada hari Senin (24/9) kemarin. Keduanya bisa dibilang telah mengkreasikan baik tradisi maupun berbagai produk Instagram dalam 6 tahun terakhir. 

 


Kevin Systrom (kanan) dan Mike Krieger, duo pendiri Instagram. Foto: Kevin Systrom/Instagram

Kemunduran keduanya ditengarai karena frustasi terhadap tingkah CEO Facebook Mark Zuckerberg yang terus menerus ikut campur dalam mengendalikan Instagram. 

Kevin Systrom dan Mike Krieger mendirikan Instagram pada 2010 lalu menjualnya pada Facebook di tahun 2012 seharga USD 1 Milyar (14,9 trilyun rupiah). Keduanya sering berseberangan pendapat dengan Zuckerberg dalam banyak perubahan produk Instagram akhir-akhir ini, termasuk perubahan dalam tata cara posting komentar dan bagaimana postingan antara Instagram dan Facebook dibagikan satu sama lain. 

Systrom memberi konfirmasi akan kepergian dirinya dan Krieger dalam sebuah pernyataan dalam blog Instagram. Ia juga mengindikasikan bahwa keduanya ingin membangun sesuatu yang baru. 

"Kami berencana untuk beristirahat sejenak guna mengeksplorasi keingin tahuan serta kreativitas kami kembali. Membangun sesuatu yang baru membutuhkan kami untuk melangkah mundur, mengerti apa yang menginspirasi kami, lalu menyocokkannya dengan apa yang dibutuhkan dunia; begitulah yang kami rencanakan," tutur Systrom. 

Kepergian Systrom dan Krieger menjadi pukulan telak bagi Facebook. Instagram, yang telah tumbuh pesat dan sangat populer di kalangan generasi muda yang kurang tertarik dengan Facebook, serta menjadi seperti sinar harapan terhadap perusahaan yang didirikan Zuckerberg tersebut di tengah berita-berita buruk yang menerpa dalam satu tahun terakhir. 

Bukanlah hal yang aneh melihat para pendiri perusahaan pergi setelah menjual perusahaan ciptaan mereka, namun Systrom dan Kriger bertahan lebih lama dari yang banyak diduga orang-orang serta masih berpengaruh  sepanjang masa pengabdian mereka. Systrom menjadi visioner produk dan mengeksekusi kebijakan penting yang membutuhkan penanganan langsung nan mendetail. Sedangkan Krieger aktif menjalankan tim tim teknis Instagram dan dilihat sebagai hati dan jiwa dari Instagram oleh banyak pihak. (Stefanus/IDWS)


Sumber: Recode.net

Share    

IDWS Promo

IDWS Event