IDWS.ID

Bisnis

Kaspersky Lab Akan Dirikan Pusat Transparansi Pertama Mereka Demi Kepercayaan Pelanggan

15 Aug 2018

IDWS.id - Kaspersky Lab memindahkan sejumlah aktivitas intinya dari Rusia ke Swiss. Aktivitas tersebut meliputi penyimpanan dan pemrosesan data pelanggan secara umum, perakitan perangkat lunak termasuk mendeteksi informasi mengenai ancaman siber. Untuk memastikan integritas yang baik, aktivitas ini akan diawasi oleh pihak ketiga yang independen serta berbasis di Swiss. Langkah adaptasi infrastruktur ini diambil sebagai bagian dari Global Transparency Initiative

Global Transparency Initiative pertama kali diumumkan pada bulan Oktober 2017 dan mencerminkan komitmen berkelanjutan Kaspersky Lab untuk serta kualitas pada produknya. Perkembangan baru yang dilakukan oleh Kaspersky ini sekaligus memberikan jawaban dari berbagai tantangan mengenai isu kepercayaan dan perpecahan dalam sebuah industri. "Kepercayaan" menjadi sebuah esensi penting dalam cybersecurity dan Kaspersky Lab percaya bahwa upaya melakukan akuntabilitas dan transparasi adalah langkah paling tepat. Langkah konkret dari Kaspersky Lab dengan memindahkan sebagian aktivitas intinya ke Swiss tersebut akan diikuti dengan membuka pusat transparansi pertama dari Kaspersky Lab. 


Anton Shingarev, Vice President for Public Affairs & Head of the CEO Office Kaspersky Lab


"Dunia siber sedang menghadapi masa-masa sulit dengan munculnya balkanisasi dan proteksionisme. Sebagai akibat dari tindakan ini, sayangnya, satu-satunya yang dapat merasakan manfaatnya adalah para pelaku kejahatan dunia maya. Kami percaya bahwa kami perlu menjawab tantangan kenyataan baru ini, dna itulah sebabnya kami mengumumkan Global Transparency Initiatie."

"Dengan menerapkan pendekatan transparan ini dalam cybersecurity, Kaspersky Lab membangun standar yang belum pernah terjadi sebelumnya di Industri (ketahanan IT). Pada titik ini dalam sejarah cybersecurity, keterbukaan sangat penting dalam menjalin hubungan transparan dan membantu menetapkan kebijakan yang akan menguntungkan masing-masing dan semua pihak untuk merasa aman dari ancaman siber.


Berbagai ancaman siber kerap menghampiri terutama pada masyarakat yang kerap menggunakan smartphone. Hal ini memunculkan kesadaran bagi mereka yang ingin memberikan proteksi terbaik kepada perangkat yang dimiliki, salah satunya dengan aplikasi keamanan. Tentunya kepercayaan sangatlah penting dalam memilih aplikasi keamanan ini. Diharapkan dengan langkah pemindahan sebagian aktivitas inti ke Swiss dan pembukaan pusat transparasi pertama Kaspersky akan semakin memperkuat integritas serta kepercayaan para pelanggan. 

 

Dony Koesmandarin (kiri), Territory Channel Manager Kaspersky Asia Tenggara & Yeo Siang Tiong, General Manager Kaspersky Asia Tenggara dalam Konferensi Pers Global Transpanrency Initiative di Jakarta (14/8). Foto: Willy/IDWS

 

Dari Rusia ke Swiss

Pada akhir tahun 2018, Kaspersky Lab akan mendirikan pusat data di Zurich dimana seluruh informasi pengguna di kawasan Eropa, Amerika Utara, Singapura, Australia, Jepang, Korea dan beberapa negara lain akan disimpan dan diproses di ibukota Swiss tersebut. Informasi ini juga disebarkan secara sukarela oleh para pelanggan dengan Kaspersky Security Network (KSN) yaitu sistem canggih berbasis cloud yang akan memroses data terkait ancaman siber secara otomatis. 


Stephan Neumeer, Managing Director Kaspersky Lab Asia Pacific


"Memperkenalkan teknologi terkini merupakan DNA dari Kaspersky Lab. Selama lebih dari dua dekade, kami telah berada di paling depan dalam mengembangkan teknologi keamanan siber yang jelas lebih cepat dari masanya. Saat ini kami memberikan kebutuhan keamanan siber yang mendobrak batasan kepada publik."


Kaspersky Lab juga akan merelokasi "Pembuat Perangkat Lunak"-nya di Zurich. Beberapa pemrograman dengan sumber kode tertentu digunakan untuk menciptakan perangkat lunak siap pakai. Produk Kaspersky Lab dan Anti-Virus Database akan mulai beroperasi dan diawali dengan signal digital di Swiss sebelum didistribusikan di beberapa poin kepada seluruh pelanggan seluruh dunia sebelum akhir tahun 2018. Relokasi ini juga menunjukkan bahwa seluruh perangkat lunak yang baru dirakit dapat diverifikasi oleh organisasi independen dan telah melalui proses pembaharuan yang sesuai dengan kode sumber sehingga nantinya bisa diaudit. 

Penetapan Pendirian Pusat Transparansi Pertama oleh Kaspersky Lab

Setiap kode sumber dan proses pembaharuan perangkat lunak produk Kaspersky Lab akan oleh para stakeholder yang bertanggung jawab di Pusat Transparansi di Swiss dan diharapkan akan resmi dubuka tahun ini. Langkah tersebut sekaligus menunjukkan perjalanan dari generasi ke generasi mengenai produk Kaspersky Lab yang diciptakan untuk satu tujuan, yakni melindungi para pelanggan dari ancaman siber. 

Pengawasan dan Peninjauan oleh Pihak Independen

Dalam setiap aktivitasnya, Kaspersky Lab akan diawasi secara independen oleh pihak ketiga yang memenuhi kualifikasi dalam hal teknis bidang perangkat lunak. Kaspersky juga membuka kesempatan untuk seluruh organisasi nirlaba agar dapat berkonstribusi di dalam setiap aktivitasnnya, sehingga tidak hanya berupaya memenuhi tujuan perusahaan tapi juga untuk membangun relasi dengan para kolega untuk berkolaborasi. 

Komitmen Kaspersky Lab

Kaspersky Lab selalu berkomitmen pada praktik industri yang terpercaya, termasuk integritas dalam perlindungan setiap data pelanggan, kebijakan internal yang ketat, pengujian keamanan, infrastruktur dan masih banyak lagi. Dengan langkah-langkah baru ini, Kaspersky Lab berharap dapat meningkatkan ketahanan infrastruktur IT-nya secara signifkan sekaligus meningkatkan transparansi untuk klien, baik sekarang atau di masa depan. (stefanus/idws)


 

Share    

IDWS Promo

IDWS Event