IDWS.ID

Berita Nasional

Update Data COVID-19 di Indonesia per Selasa, 26 Mei 2020

26 May 2020

Jumlah kasus pasien positif virus corona baru COVID-19 di Indonesia bertambah hingga mencapai jumlah 23.165.

IDWS, Selasa, 26 Mei 2020 - Jumlah tersebut merupakan perhitungan pemerintah hingga hari Selasa (26/5/2020) seperti yang diumumkan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto. Ada penambahan 415 orang positif COVID-19 dibandingkan data hari Senin (25/5/2020).

Sedangkan jumlah pasien COVID-19 yang sembuh meningkat 235 pada periode yang sama, menjadi total 5.877. Lalu pasien meninggal bertambah 27 orang, menjadi total 1.418 orang.

Achmad Yurianto mengimbau kepada masyarakat untuk mulai memperbaiki perilaku, mengubah pandangan dan menjaga diri, serta selalu mematuhi aturan dari pemerintah untuk selalu menegakkan protokol kesehatan. Sebab, hanya itu yang dapat menjadi cara untuk memutus rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, sekaligus meringankan beban para tenaga kesehatan.

 

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto  (Youtube BNPB Indonesia)

Sebelumnya, Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Prof. Wiku Adisasmito mengatakan bahwa upaya kolektif pemerintah daerah dan masyarakatnya sangat menentukan dalam menurunkan tingkat risiko di wilayah.

"Jadi apabila penurunan kasus tidak 50% selama dua minggu itu belum bisa dianggap baik. Maka dari itu, harus seluruh masyarakat dan pemerintah betul-betul menurunkan kasusnya dengan cara protokol kesehatan tentunya. Pasti kalau orang menjalankan protokol kesehatan secara kolektif, pasti jumlah kasusnya akan turun," ucap Prof. Wiku saat dialog di Media Center Gugus Tugas Nasional, Graha BNPB, Jakarta, pada Selasa (26/5) seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

 

(Stefanus/IDWS)


Gambar Fitur: Shutterstock

Share    

IDWS Promo