IDWS.ID

Berita Nasional

Warga dan Tokoh-tokoh Nasional Mengiringi Kepergian B.J. Habibie

12 Sep 2019

IDWS, Kamis, 12 September 2019 - Antusiasme warga mewarnai jenazah almarhum BJ Habibie, presiden RI ketiga, menuju peristirahatan terakhir beliau.

Jenazah diberangkatkan dari rumah duka di Patra Kuningan menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (12/9/2019) siang.

Di daerah Kuningan, ratusan pekerja maupun warga berdiri di pinggir jalan untuk melihat ambulance yang membawa jenazah BJ Habibie lewat. Hal serupa terlihat juga di halte-halte TransJakarta di sekitaran Kuningan. Terdengar warga mengucapkan "Selamat jalan Pak Habibie" saat mobil jenazah melintasi jalan di daerah itu. Ada pula yang merekam dengan ponsel masing-masing.

 

Personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengusung peti jenazah almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie menuju liang lahat saat tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, 12 September 2019. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Warga juga tampak antusias melihat iring-iringan Presiden Joko Widodo yang menuju TMP Kalibata lewat Jalan Tol Dalam Kota. Presiden yang akrab disapa Jokowi itu tiba di TMP Kalibata pada pukul 13.05 WIB didampingi ibu negara Iriana. Lima menit kemudian, Jusuf Kalla tiba didampingi Mufidah Jusuf Kalla.

Rombongan dan iring-iringan jenazah BJ Habibie tiba di TMP Kalibata pukul 13.33 WIB. Peti yang dibalut bendera merah putih dikeluarkan dari mobil jenazah, di mana sejumlah anggota militer kemudian menggotongnya. Para pembawa peti jenazah lalu melangkah ke lokasi pemakaman di blok M120 dengan musik iringan tim marching band.

 

Presiden Joko Widodo (kanan) berdoa untuk almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie di rumah duka, kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9). (ANTARA FOTO/Handout/Biro Pers-Rusman)

Prosesi pemakaman dilaksanakan dengan upacara kenegaraan yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara. Jokowi juga memberi salam terakhir kepada almarhum BJ Habibie.

"Selamat jalan Mr Crack, selamat jalan sang pionir. Kami akan selalu mengingat pesanmu," kata Jokowi. "Dengan penuh rasa duka cita yang mendalam pada hari ini kita semua seluruh rakyat Indonesia berkabung atas wafatnya Presiden ketiga Habibie," tambahnya.

 

Prosesi pemakaman presiden ketiga RI, BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). (Dennis Destryawan/Tribunnews.com)

Menurut Presiden Jokowi, Habibie adalah seorang negarawan sejati, inspirator sekaligus ilmuwan yang patut menjadi suri teladan. Indonesia, menurutnya, kehilangan putra terbaiknya. Tak lupa Jokowi mengajak rakyat untuk mengenang jasa Habibie membangun fondasi demokrasi Indonesia pasca Orde Baru runtuh pada 1998 silam.

Di TMP Kalibata, BJ Habibie dikebumikan di sebelah makam istrinya, Hasri Ainun.

Sejumlah tokoh yang turut hadir dalam pemakaman BJ Habibie antara lain istri presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah, lalu presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, presiden kelima RI Megawai Soekarnoputri dan mantan wakil presiden Boediono, lalu Hamzah Haz.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: CNNIndonesia.com, TribunNews

Share    

IDWS Promo