IDWS.ID

Berita Nasional

Ibukota Baru Indonesia Akan Berkonsep Forest City Seperti London

10 Aug 2019

IDWS, Sabtu, 10 Agustus 2019 - Setelah dinyatakan Presiden Joko Widodo alias Jokowi bahwa ibukota Republik Indonesia dipastikan pindah ke Kalimantan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas telah menyelesaikan kajian akan konsep ibukota baru.

 

Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata. (Foto: Arfiansyah Panji Pumandaru/kumparan)

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata dilansir dari kumparan, ibukota yang baru akan berkonsep forest city seperti London. Ia juga menjelaskan bahwa konsep forest city bukan berarti kota dengan banyak taman, namun setidaknya 50 persen kawasan ibukota berupa hutan.

Tambahnya, kelestarian hutan lindung di Kalimantan tidak akan dirusak. Ibukota baru itu tidak akan membabat hutan lindung, meski tetap nantinya berlokasi dekat dengan kota besar untuk memudahkan akses. Ia tegaskan bahwa hutan lindung yang ada di Kalimantan justru akan diperbaiki, misalnya bekas galian di Kalimantan Selatan atau wilayah Kalimantan Timur.

 

Ibukota Inggris, London, yang terlihat hijau dari luar angkasa. (Foto: NASA)

Rudy menjelaskan bahwa konsep dasar dari forest city adalah green, smart, beautiful dan sustainable. Bukanya memindahkan kepadatan Jakarta ke Kalimantan.

Ground breaking pemindahan ibukota akan dimulai pada 2021. Total, luas lahan yang nantinya menjadi ibukota baru mencapai 200-300 ribu hektare. Pembangunan akan dilakukan secara bertahap, dan akhir 2024 ditargetkan sudah ada (instansi pemerintah) yang pindah.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: kumparan

Share    

IDWS Promo