IDWS.ID

Berita Nasional

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Dan Buliran Es di Magelang, Beberapa Pohon Tumbang dan Merusak Rumah Warga

13 Mar 2019

IDWS, Rabu, 13 Maret 2019 - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kecamatan Sawangan dan Dukun, Kabupaten Magelang, Rabu (13/3) siang tadi. Bahkan buliran es juga sempat berjatuhan di Desa Gantang. Sawangan. 

Akibatnya, sejumlah pohon tumbang dan menimpa sejumlah rumah warga yang menyebabkan kerusakan ringan. Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto pada hari ini, hujan deras dan angin kencang terjadi sekitar pukul 13.20 WIB siang tadi di Sawangan dan Dukun. Pepohonan tumbang menutup akses jalan dan menimpa kabel listrik. 

 

 

Dua pohon dilaporkan tumbang. Masing-masing pohon menimpa rumah Supeno, warga Desa Paten dan yang satunya lagi menutup akses jalan. Sedangkan di Kecamatan Sawangan, pohon tumbang terjadi di enam lokasi di dusun yang terpisah. 

 

 

Di Dusun Keron, Desa Krogowanan, pohon tumbang menutup akses jalan; di Desa Gantang, pohon tumbang menutup akses jalan dan menimpa beberapa rumah. 

Kemudian di Desa Kapuhan, pohon tumbang menutup akses jalan Blabak-Ketep; Dusun Ngaglik, Desa Soronalan, pohon tumbang menutup akses jalan; Dusun Kadileben, Desa Jati, pohon tumbang menimpa beberapa rumah; Dusun Ngrandu, Desa Jati, pohon tumbang dan genteng rumah berhamburan. Satu rumah rusak sedang milik Ngatemin (55), warga setempat.

 

Rumah rusak di Dusun Ngrandu, Desa Jati akibat pohon tumbang pada Rabu (13/3). (Foto: TribunJogja.com)

"Hujan es sendiri turun diDesa Gantang, Kecamatan Sawangan. Bulir-bulir es yang turun berukuran kecil, sebesar kerikil dan berwarna putih bening terpantau di jalan-jalan desa," tambah Edy. 

Petugas SAR, TRC BPBD, relawan dan masyarakat bahu membahu melakukan evakuasi di seluruh titik lokasi bencana. Pohon tumbang yang menutup akses jalan langsung disingkirkan, begitu juga pohon yang menimpa rumah warga. "Pemotongan dan pembersihan batang pohon oleh BPBD bersama TNI, POLRI, relawan dan warga setempat tengah dilakukan," pungkas Edy. 

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: TribunJogja.com

Share    

IDWS Promo