IDWS.ID

Berita Nasional

Kotak Hitam Pesawat Lion Air JT-610 Sudah Ditemukan, Tapi Belum Lengkap

01 Nov 2018

Black box alias kotak hitam pesawat Lion Air PK-LQP JT-610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, ditemukan pada hari Kamis (1/11/2018) siang ini sekitar pukul 10.00 WIB.

 

Ilustrasi kotak hitam alias black box pesawat terbang. (Sumber: news.mit.edu)

IDWS, 1 November 2018 - Dilansir dari Kompas TV, kotak hitam sudah dibawa oleh Kapal Riset Baruna Jaya 1 milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kotak hitam tersebut ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB oleh Sertu Marinir Hendra Saputra, anggota tim penyelam TNI AL di kedalaman sekitar 30 meter. 

 

Kotak Hitam Lion Air JT-610 Belum Lengkap

AKan tetapi, dalam perkembangannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa kotak hitam pesawat Lion Air JT-610 yang ditemukan hanya sebagian saja. Menurut beliau, dalam satu pesawat terdapat dua bagian kotak hitam, yakni flight data recorder (FDR) dan voice cockpit recorder (VCR).

"Satu merekam pembicaraan (pilot & co-pilot), yang satu merekam (data) perjalanan pesawat. Berarti ini baru satu, diharapkan satu bisa ditemukan agar makin lengkap," tutur Budi di kantornya, Kamis (1/11/2018).

Budi juga menambahkan kotak hitam itu nantinya akan diberikan ke KNKT untuk dilakukan penelitian untuk mengetahui penyebab pastinya kecelakaan pesawat tersebut.

Pesawat Lion AIr JT-610 rute Jakarta Pangkal Pinang hilang kontak pada Senin (29/10/2018) pagi dan dikabarkan jatuh. di perairan Karawang, Jawa Barat. 189 orang dikabarkan berada di dalam pesawat naas tersebut. (Stefanus/IDWS)


Sumber: Kompas.com

Share    

IDWS Promo

IDWS Event