IDWS.ID

Berita Nasional

Video Upacara Pembukaan Asian Games 2018 Yang Menuai Banjir Pujian Dari Penjuru Dunia

19 Aug 2018

Jakarta, Stadion Utama Gelora Bung Karno - Sebuah pertunjukan kembang api plus simulasi gunung berapi yang hendak meletus memeriahkan langit Jakarta pada malam pembukaan Asian Games ke-18 Jakarta-Palembang, Sabtu kemarin (18/8/2018). 

Indonesia menyambut atlet-atlet kebanggaan negeri masing-masing dari seantero Benua Asia dengan upacara pembukaan yang sangat meriah, berwarna serta meninggalkan kesan yang mendalam bagi orang-orang yang beruntung menyaksikannya secara langsung. 

Sang Presiden dari Republik Indonesia, Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa dengan panggilan Jokowi, masuk ke venue acara Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan dramatis dan lain daripada yang lain. Muncul dari salah satu gerbang SUGBK mengendarai sepeda motor lengkap dengan helmnya, Pak Jokowi memacu sepeda motornya menembus asap yang menutupi pandangan mata. Lalu sembari terus melaju di dalam stadion, ia melambaikan tangan ke arah penonton yang menyambutnya dengan sorak sorai. 

Setelah naik ke panggung bersama dengan para pejabat baik lokal maupun dari negara-negara lain, Presiden Jokowi kemudian dengan resmi menyatakan bahwa Asian Games ke-18 tahun 2018 telah resmi dimulai. 

"Kami bangga dan merasa terhormat atas kedatangan para tamu-tamu spesial dari 45 negara," tutur Jokowi kepada kerumunan orang-orang di stadion yang diperkirakan mencapai 50,000 orang tersebut. "Pada Asian Games ke-18 ini, kami, negara-negara Asia ingin menunjukkan bahwa kita adalah satu saudara." 

 

Video Upacara Pembukaan Asian Games 2018 yang dimulai dengan 'video' Presiden Jokowi berangkat dari Istana Negara Bogor

Semangat persaudaraan yang dimaksud sang Presiden itu memang patut dipuji. Dan adalah sebuah pemandangan yang terasa asing namun hangat saat penulis mendengar kata "Korea" saat kontingen atlet asal Semenanjung Korea tampil. Penulis tak menjumpai bendera Korea Selatan maupun Utara yang sering terpampang di internet, dan tak ada istilah "Selatan" dan "Utara". Ternyata kontingen atlet dari Korea Utara dan Selatan berjalan bersama-sama dan membawa satu bendera bergambarkan Semenanjung Korea. Suatu pemandangan yang menyejukkan tentunya. 

 

Kontingen Atlet dari Korea membawa bendera bergambarkan Semenanjung Korea

Tim kontingen Palestina dan Kuwait mendapat sambutan yang meriah. Terutama Kuwait karena negara ini baru saja dibebaskan dari larangan tampil pada ajang olahraga internasional yang telah disematkan pada mereka selama hampir tiga tahun lamanya. Larangan tersebut resmi diangkat pada hari Kamis lalu (16/8/2018). 

Di tengah-tengah stadion, tampak sebuah model raksasa berbentuk gunung berapi dengan 3,600 penari mengenakan pakaian warna-warni menghibur para kontingen atlet dari berbagai negara dan para pengunjung serta pemirsa televisi. 

Klimaks dari Upacara Pembukaan Asian Games 2018 ialah ketika mantan atlet Badminton peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, Susi Susanti membawa Obor dengan api abadi Asian Games ke puncak "gunung berapi" lalu menyalakan pertunjukan kembang api yang luar biasa. 

 

 

 

sekitar 9,000 personel keamanan dikerahkan untuk acara akbar di SUGBK, venue yang sebelumnya pernah menyambut orang-orang ternama dunia seperti Bon Jovi, Guns N'Roses, Michael Jackson, dan masih banyak lagi. 

Organisir acara juga menyatakan akan mengerahkan 100,000 polisi dan personel militer untuk menjaga kelangsungan Asian Games 2018 sampai acara usai. Teknologi pengenalan wajah (facial recognition) juga akan digunakan pada beberapa titik. 

Upacara pembukaan penuh warna berdurasi kurang lebih dua setengah jam tersebut mengombinasikan trend masa kini dengan tradisi, dan tak lupa juga tak lupa mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang 460 korban jiwa meninggal pada tragedi gempa bumi di Lombok. 

 

Galeri Upacara Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno hari Sabtu (18/8). Klik untuk memperbesar gambar

Sekitar 13,000 atlet dari 45 negara akan berkompetisi dalam 40 jenis olahraga dan 67 cabang dalam ajang olahraga multinasional terbesar selain Olimpiade ini. 

Dan tak lupa, eSports akan menjalani debut resminya sebagai cabang olahraga demonstrasi (ekshibisi) pada Asian Games kali ini. Diharapkan pada 2020 nanti eSports sudah bisa menjadi cabang olahraga baru yang resmi, sama seperti cabang olahraga konvensional lainnya. 

Indonesia menjadi Tuan Rumah dari Asian Games ke-18 ini setelah Vietnam mengundurkan diri pada 2014 karena kekhawatiran finansial. Ajang yang dijadwalkan berakhir pada 2 September ini juga pertama kalinya diadakan oleh dua kota tuan rumah, yakn Ibukota Jakarta sekaligus Palembang di Pulau Sumatra. (stefanus/idws)


Share    

IDWS Promo

IDWS Event