IDWS.ID

Berita Nasional

Perundingan Antara Indonesia dengan Malaysia Soal TKI Ditunda

21 Feb 2018

Sebuah pertemuan yang dijadwalkan pada tanggal 20 Februari, Selasa kemarin untuk mendiskusikan proposal dari Indonesia untuk menghentikan warga negaranya bekerja sebagai TKI di Malaysia pada akhirnya ditunda.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Dato’ Seri Ahmad Zahid Hamidi mengatakan bahwa diskusi tersebut telah dijadwal ulang, namun menolak untuk mengungkapkan alasan penundaan tersebut.

Pada awalnya Ahmad Zahim, yang juga merupakan Menteri Dalam Negeri Malysia, mengatakan bahwa Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zahrain Mohamed Hashim akan bertemu dengan Kementerian Transmigrasi dan Ketenaga Kerjaan Indonesia pada Selasa 20 Februari kemarin untuk mendiskusikan topik tersebut, yang menjadi panas karena seorang TKI wanita Indonesia yang baru-baru ini terbukti tewas karena disiksa di Malaysia.

“Pertama, kasus-kasus penyiksaan yang telah terjadi semuanya terisolasi, kedua, Pemerintah dan Pihak Berwajib Malaysia tidak akan pernah melindungi atau menutup-nutupi kasus penyiksaan, tak hanya mereka yang bekerja sebagai pembantu, namun juga seluruh tenaga kerja asing di sini. Ketiga, kami minta nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara kedua negara yang telah berakhir pada 2016 silam untuk diperbaharui dan negosiasi lebih lanjut harus diadakan antara kedua negara,” tutur Ahmad Zahid.

“Keempat, kami minta Zahrain untuk menyampaikan komitmen Pemerintah Malaysia untuk terus bekerja sama dengan Indonesia harus diterima dengan hati yang terbuka karena kita membutuhkan satu sama lain,” tambah Zahid. Ia mengindikasikan bahwa Malaysia berharap untuk mencapai win-win solution dengan Indonesia untuk masalah ini.

TKW asal Indonesia, Adelina Lisao, 21, meninggal setelah ia tidak diberi pertolongan medis ketika sakit. Beberapa saksi menyebutkan bahwa ia terlihat tidur beralaskan tikar di beranda, di samping seekor anjing Rottweiler.

Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana menuturkan bahwa Presiden Joko Widodo sepakat dengan ide untuk menghentikan perekrutan TKI ke Malaysia.

 

Share    

IDWS Promo

IDWS Event